web analytics

Belanda Lirik Minsel

aaaAMURANG – Negara kincir angin, Belanda, melirik Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sebagai daerah tepat menanam investasi. Investor Belanda tertarik membudiyakan rumput laut untuk dijadikan sumber energi listrik. Selain itu, mereka juga ingin kerja sama di sektor pertanian, perkebunan, dan perdagangan.

Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu, Kamis (24/11), diterima Perdana Menteri Belanda Mark Rutte. Pertemuan tersebut tercipta dengan adanya undangan resmi Rutte kepada Tetty, sapaan akrabnya, pada Rabu sehari sebelumnya di Jakarta.

Dalam pertemuan itu dilakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU/nota kesepahaman) yang menandakan dibukanya kerja sama investasi. Menurut Mark, Minsel memiliki nilai yang cukup sebagai tempat investasi.

“Minsel memiliki sumber daya alam (SDA) yang memadai di samping dari segi pertanian, perdagangan, transportasi, kelautan, serta kemaritiman,” katanya.

Dia mengungkapkan, timnya tidak sembarang memilih daerah, karena melakukan survei terlebih dahulu. “Sebelumnya tim kami telah melakukan survei termasuk dalam hal budidaya rumput laut, untuk dijadikan sumber energi listrik ramah lingkungan,” ujarnya.

Sebelumnya Mark, mengadakan pertemuan bilateral pemerintahan Belanda-Indonesia antara Presiden RI Jokowi beserta rombongan di Jalan Merdeka, Jakarta.

Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan kerja sama ekonomi yang fokus pada perdagangan, investasi, pengelolaan air, dan pembangunan infrastruktur maritim.

Diwawancara terpisah, Tetry mengaku sangat bersyukur mengenai hal tersebut. “Saya berterima kasih kepada Tuhan serta dukungan masyarakat, semoga apa yang kita raih dapat bermanfaat demi kesejahteraan kita semua yang ada di Minsel,” ujar dia.

About Redaksi 2

Check Also

Tim Macan dan Tim Tawon Lanang Berhasil Tangkap Residivis Pencurian Kendaraan Bermotor

Manado, Sulutlink.com – Polresta Manado melalui Tim Macan Satreskrim dan Tim Tawon Lanang Polsek Malalayang …