web analytics

Benteng Belanda di Tengah Pantai Yang Terabaikan

IMG_20170725_195730Sulutlink,  Manado.  Sangat disayangkan, salah satu bukti sejarah dari zaman kolonial Belanda satu-satunya yang berada di tengah pantai, tidak mendapat perhatian serius dari pihak pemerintah Kota Manado.

Bangunan berbentuk bulat ini, oleh warga sekitar pantai Bitung Karangria digunakan sebagai Stelam.  Menurut Max warga setempat,  Stelam ini saat mereka kanak-kanak digunakan sebagai tempat berdiri di tengah pantai kemudian meloncat kembali ke dalam air.  Jadi posisi awal dari Stelam ini berada di kedalaman pantai Karang Ria.

Stelam atau sebagai Benteng tentara Belanda memiliki  beberapa lobang pengintai, dan saat ini telah diangkat ke daratan dan diletakkan disamping jalan Boulevard II.

Jelas terlihat tidak ada perawatan, bahkan telah dikelilingi rumput liar dan sampah plastik. Ditambahkan Max,  Stelam ini diangkat dari kedalaman pantai oleh pekerja jalan Bolevard II saat itu dengan maksud agar tidak tertimbun material pembagunan jalan saat dilakukan penimbunan pantai saat itu.

Diharapkan ada kepedulian pemerintah Kota Manado atau Instansi terkait lainnya untuk dilestarikan sebagai bukti sejarah dan sekaligus objek wisata sejarah. (jansen)

 

 

 

About Redaksi 2

Check Also

HILMAN IDRUS UNDANG FORWARD SULUT IKUT KEGIATAN SOSBANG, PERKUAT SEMANGAT PERSATUAN DAN KESATUAN DEMI NKRI

  Desember 5. 2022. 21:25 Manado.sulutlink.com – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Hilman Firmansyah …