web analytics

Bert Toar Polii Raih Emas di Rumania Challenges & Gelar Platinum Master

Oleh : Bert Toar Polii


Sulutlink.com
– Bert Toar Polii meraih medali emas di event Rumania Challenges seri ke 56 yang digelar Minggu lalu melalui platform Bridge Base Online (BBO).
Keberhasilan ini juga membuat Bert Toar Polii meraih gelar Platinum Master karena sudah menggapai 20.000 lebih master point yang disebut PECH.
Tapi yang paling mengejutkan ketika saya dihubungi oleh Ketua Panpel Zoltan Magyari meminta apakah saya bersedia bertanding di Super Cup mewakili Rumania. Tentu saja saya terima dengan senang hati.
Usut punya usut ternyata selanjutnya ada pertandingan khusus antara Juara Rumania Challenge melawan Juara Hongaria Challenge.
Jadilah saya akan melawan juara Hongaria Challenge Fediuc Marius dgn nick BBO Fedea66. Pertandingan kami dijadwalkan bermain 2 x 16 papan dan diberikan waktu mulai hari ini Senin 26/7 sampai Rabu 28/7.
Kembali ke pertandingan Rumania Challenge yang kali ini diikuti 224 peserta.
Awalnya peserta dibagi beberapa pool yang terdiri dari 5 sampai 6 pemain. Pemain akan saling berhadapan dan tiga peringkat terbaik akan lolos ke babak kedua. Pada babak ini memainkan 12 papan dan dijadwalkan bermain selama 3 hari. Biasanya dimulai Jumat tengah malam waktu Rumania atau Sabtu pagi di Indonesia. Babak ini akan berakhir hari Senin. Penilaian di babak ini berdasar jumlah perolehan Victory Point (VP).
Selanjutnya peserta dibagi 28 pool dengan masing-masing pool berisi 4 pemain dan bermain setengah kompetisi @12 papan. Peringkat 1 dan 2 lolos ke babak knock-out. Yang berbeda disini adalah sistim penilaian bukan VP yang utama tapi menang, seri dan kalah. Menang dapat 2 point, seri masing-masing 1 point dan kalah 0 point. VP berlaku jika terjadi sama perolehan point.
Selanjutnya babak KO 64 besar dilanjutkan 32, 16, 8, 4 dan final yang memainkan masing-masing 16 papan kecuali 4 besar dan final 2 kali 16 papan.
28 pool hanya menghasilkan 56 pemain yang lolos, Untuk menggenapi 64 pemain diambil dari peserta yang masuk 8 besar event sebelumnya.
Saya berhasil menjadi juara di dua babak pertama kemudian di babak 64 besar menang dari Strorie11 57-16 imp, lanjut babak 32 besar menang Luca12345 35-7 imp selanjutnya mendapat keberuntungan menang dari Kos15 hanya 1 imp atau 15-14 imp.
Babak 8 besar menang mutlak dari Calu2025 38-0 imp dan ketika di babak semi final menang lagi Pisoy 32-28 imp. Di babak final tidak tertahankan menang dari Dinucf 66-9 imp.
Memang cukup sulit perjuangan untuk meraih medali di event yang berjenjang seperti ini.
Sepertinya bagus event seperti ini digelar di Indonesia karena mereka juga mewajibkan pemain untuk taat aturan bid tidak boleh bid sembarangan.

About Redaksi 2

Check Also

Wanita Besi Leani Ratri Oktila Raih Dua Emas & Satu Perak di Paralimpiade Tokyo 2020

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – Wanita besi Leani Ratri Oktila mempersembahkan dua medali …