web analytics

Bill Gates Pemain Bridge Andal

doc.telegraph

Sulutlink.com – Nama Bill Gates sedang viral saat ini akibat perceraiannya dengan isterinya Melinda. Namun dalam tulisan ini penulis akan menulis tentang salah satu hobinya yang jarang diketahui orang.

Proses berpikir termasuk mengatasi kesulitan dan strategi dalam dunia usaha, ternyata identik dengan permainan bridge. Salah satu yang menggemari permainan ini adalah Bill Gates, bos perusahaan raksasa Microsof. Gates adalah pecandu bridge yang fanatik. Menurutnya, bridge bukan sekadar permainan, karena merupakan rangkaian dari sebuah partnership, strategi, antisipasi terhadap tindakan yang akan dilakukan orang lain, serta kesiapan dalam menjawab hal-hal yang tidak terduga, lanjutnya. Bridge juga merupakan suatu proses berpikir mengenai langkah-langkah ke depan.

Nah, dalam kejuaraan dunia di Montreal 2002, Gates menyempatkan diri bertanding dalam nomor mixed pair berpasangan dengan grand master wanita dunia Sharon Osberg dari AS. Kita lihat bagaimana keandalan Gates sebagai pemain bridge dalam papan berikut ini:

  1. S K J 3
    S/Semua H A K 2
    D Q 9 2
    C Q 10 6 5
    S 7 6 4 2 S A Q 10 9 8
    H 5 4 H Q J
    D K J 5 4 D A 6 3
    C 9 8 4 C A J 7
    S 5
    H 10 9 8 7 6 3
    D 10 8 7
    C K 3 2

Barat Utara Timur Selatan
Schaffer Osberg Landen Gates
Pass
Pass 1NT Dbl 2H
Pass Pass 2S 3H
3S //

Gates lead .H10 yang dimenangkan dengan HK oleh Osberg. Osberg kemudian ambil HA dan beralih serang C5 di mana declarer main C7 sehingga Gates harus ambil dengan CK. Kalau saja Gates main normal serang Club lagi, kontrak akan bikin. Sebab, declarer akan menang CJ kemudian ke tangan dengan .DK dilanjutkan potong Spade.Trik berikutnya declarer main SA, CA dan serahkan Spade kepada Utara. Utara seperti makan buah simalakama, serang Diamond memberikan tambahan trik demikian juga dengan serang Club.

Gates memilih beralih serang Diamond dan declarer tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Walaupun declarer tahu semua poin berada di Utara, tidak berdaya untuk melakukan potong Spade dan Club karena masalah entry. Declarer terpaksa main DK kemudian potong Spade dan end play Utara dengan Spade. Utara masih bisa berkelit dengan serang Club yang memberikan keuntungan declarer bisa potong Club tapi ia tidak bisa menghindari kalah 1 trik di Diamond.

Oleh : Bert Toar Polii

About Redaksi 2

Check Also

Presiden Jokowi Serahkan Bonus bagi Atlet Paralimpiade 2020

Sulutlink – Kontingen Paralimpiade Indonesia yang meraih prestasi di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 telah diterima …