web analytics

Bimtek Renstra & Renja Kota Tomohon Dibuka Wawali Sompotan

wakil walikota tomohonTomohon, SulutLink. Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan atas nama Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Senin (29/2/2016) membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Renstra & Renja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Tomohon Tahun 2016.

Saat membuka kegiatan ini Sompotan mengatakan penyusunan Renstra dan Renja SKPD merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang system perencanaan pembangunan Nasional dan juknis pelaksanaannya melalui Permendagri nomor 54 tahun 2010 tentang pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tatacara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah serta ketentuan lainnya yang mengikat.

Bimbingan Teknis ini dilaksanakan di Mercure Manado Tateli Beach Resort  mulai tanggal 29 februari sampai sampai 2 Maret 2016. Menghadirkan para pemateri dari Kementerian Dalam Negeri Direktorat Bangda, Bappeda Provinsi Sulawesi Utara.  Dengan materi-materi yang akan disampaikan yakni Arah Kebijakan Pembangunan Nasional dan Nawacita, Konsistensi RPJPD, RPJMD,RKPD,Teknis Penyusunan Renstra SKPD, arah dan kebijakan Pembangunan Provinsi Sulawesi Utara serta Arah dan Kebijakan Pembangunan Kota Tomohon, Teknis penyusunan Renja SKPD, Teknis Perumusan Rencana Program, Indikator Kinerja, Kegiatan,Kelompok, Sasaran, Lokasi Kegiatan dan Pendanaan Indikatif serta Pemasukan Hasil Penyusunan Renja dan Renja SKPD.

Dengan pelaksanan bimtek ini diharapkan akan meningkatkan kualitas penyusunan dokumen-dokumen perencanaan secara keseluruhan baik yang berada di tingkat SKPD yakni Renstra & Renja maupun di tingkat kota yaitu RKPD & RPJMD Tahun 2016-2021 yang tujuan akhirnya akan mewujudkan visi dan misi kita bersama, sesuai Visi & Misi Walikota & Wakil Walikota Tomohon yang terpilih. Selain itu Bimtek ini dimaksudkan meningkatkan kualitas dan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menyusun dokumen perencanaan SKPD yakni Renstra & Renja.
Kegiatan ini juga  bertujuan memberikan dan meningkatkan pemahaman ASN terhadap dokumen Renstra & Renja SKPD baik dalam tahapan, tatacara penyusunan dan evaluasinya agar dokumen yang telah disusun nantinya akan sesuai dengan aturan dan petunjuk pelaksanaannya.
Sompotan menegaskan kepada semua SKPD agar dalam menyusun dokumen-dokumen ini untuk mengacu pada Visi dan Misi Kota Tomohon untuk lima tahun ke depan dengan prioritas yang telah ditetapkan seperti prioritas Provinsi Sulawesi Utara dan Sembilan agenda prioritas pembangunan Nasional (Nawacita) dan menjabarkannya ke dalam program dan kegiatan yang sesuai dengan kewenangan yang melekat pada SKPD. Selain itu kepada semua kepala SKPD dan peserta untuk dapat mengikuti bimtek ini secara keseluruhan agar setiap SKPD dapat menyusun Renstra & Renja sesuai kewenangan setiap SKPD dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku demi terwujudnya visi misi yang akan kita raih bersama.
Kegiatan dalam rangka penyusunan RPJMD Kota Tomohon Tahun 2016-2021 dan Penyusunan Rencana Strategi (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tahun 2016 diikuti oleh 107 peserta yang mewakili seluruh SKPD yang ada di Kota Tomohon yang terdiri dari 38 SKPD diantaranya Sekretariat Daerah yang mengirim utusan terbanyak yakni 26 peserta bersama Dinas, Badan, Kantor yang masing-masing mengutus dua peserta & tiga peserta untuk SKPD tertentu diantaranya Dikda, Bappeda dan Inspektorat.

About Echel

Check Also

USBF Terapkan Kombinasi Online & F2F di Seleksi Pembentukan Tim USA 2023

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – United States Bridge Federation (USBF) telah memulai seleksi …