web analytics

BPBD Minsel Beli APD Dan Ribuan Masker Berbandrol Rp 6,3 Miliar

Minsel,Sulutlink.com- Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui anggaran BTT (Biaya Tidak Terduga) dengan sumber dana APBD 2020, telah mengalokasi dana sebesar Rp 7 miliar untuk dipakai pada penanggulangan bencana non alam (pandemi covid-19).

Kepala BPBD Minsel Rudi Tumiwa kepada awak media mengatakan, anggaran BTT tertata di Badan PKAD Minsel yang penggunaanya dipakai oleh BPBD Minsel, setelah ditetapkan status siaga darurat bencana pandemi covid-19 di Kabupaten Minsel.

Menurutnya, penggunaan BTT hanya dapat digunakan oleh 2 instansi yaitu BPBD dan Dinas Kesehatan, setelah ada penetapan status siaga darurat bencana seperti diatur pada PP 21 tahun 2008 tentang penyelenggaran penanggulangan bencana, Peraturan Kepala BNPB nomor 12 tahun 2012 tentang pedoman penetapan status dan UU nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

Ditambahkannya, anggaran Rp 7 miliar dipergunakan untuk pembelian masker dan APD (Alat Pelindung Diri) sebesar Rp 6,3 miliar dan sisanya digunakan untuk penyemprotan dan pembelian tong-tong air serta kegiatan operasional lainnya.

“Kami telah memesan masker dan APD. Kami juga telah membeli alat termogan dan dalam waktu dekat hari senin depan akan segera didistribusikan,”ujar mantan Kadis PU.

Dijelaskannya, pemesanan masker kain tahap pertama berjumlah 200 ribu picis dan akan dibagi per KK di Minsel dapat 5 picis masker. (JoTam)

About Jotam

Check Also

Personel Polres Calon Pemegang Senpi di Kepulauan Sangihe Harus Ikuti Test Psikologi

Sangihe, Sulutlink.com – Personil Polres Kepulauan Sangihe mengikuti test psikologi bagi calon pemegang senjata api …