web analytics

BTP Bridge Challenge Masuki Babak Penyisihan 2


Oleh : Bert Toar Polii
Salah satu ide dari Bridge Base Online yang diluncurkan beberapa tahun yang lalu adalah challenges.
Challenge merupakan salah satu pilihan untuk bermain bridge sendiri dan bisa dilakukan kapan saja jadi tidak terikat waktu dan tidak harus mengumpulkan 4 orang agar bisa bermain semeja. Tiga lawan bermain telah disediakan oleh Bridge Base Online (BBO). Ketiga lawan kita adalah Ginsberg’s Intelligent Bridgeplayer (GIB) atau lebih akrab disebut Robot.
Agar bisa bermain challenge maka yang diperlu dipelajari adalah sistim yang digunakan robot yang sebenarnya tidak terlalu sulit. Robot di program bermain sistim natural 2/1 yang cukup popular buat pemain yang akrab bermain di BBO.
Setelah menguasai sistim yang digunakan robot maka kita bisa masuk ke BBO kemudian pilih challangge. Setelah itu kita bisa mengundang teman untuk beradu pintar dalam mengelola kartu yang sama. Jumlah board yang dimainkan terserah keinginan kita untuk menentukan. Selanjutnya ada pilihan untuk memilih best hand (bh) atau random hand (bh) . Best hand berarti anda akan selalu pegang 12+ point. Setelah itu kita akan ajak teman dengan menulis nickname teman dari BBO atau juga kita mengundang secara acak karena ada beberapa pilihan.
Permainan ini begitu popular di Indonesia beberapa waktu yang lalu di Indonesia kemudian sempat meredup. Tapi kini sudah mulai ramai kembali.
Berdasarkan pengalaman mengikuti 6 seri challenges yang diadakan oleh Rumania Bridge Federation, penulis terpikir untuk mengadakan event serupa di Indonesia.
Ada beberapa alasan ketika penulis memutuskan untuk menggelar event BTP Bridge Challenges, pertama soal flexibilitas waktu dimana karena bisa dimainkan kapan saja maka sesibuk apapun seseorang masih bisa menyalurkan hobinya bertanding bridge. Challenges selain bisa dimainkan kapan saja, bahkan saat lagi bertanding misalnya main 8 board dan kita baru menyelesaikan 1 board dan ada urusan yang sangat penting tinggal ditunda saja dan dimainkan saat sudah ada waktu luang. Kedua, tidak ada kecurangan karena yang dilawan dan partner adalah robot. Ketiga bisa melatih teknik play dan defense serta belajar sistim standart.
Keempat melatih kedisiplinan dalam bidding karena harus mengikuti sistim dari robot. Melenceng sedikit, robot tidak perduli dan bidding bisa jadi tidak keruan. Bermain dengan sesama, kita masih bisa mengharapkan pasangan kita bisa mengerti jika terjadi kekeliruan. Dengan robot tidak ada ampun.
Saat ini BTP Bridge Challenges yang awalnya diikuti 144 pemain telah memasuki babak penyisihan kedua dimana tinggal tersisa 48 pemain.
Jadwal Pertandingan :
Penyisihan 1 tanggal 12 Agustus 2020 mulai pukul 08.00 WIB
Tantangan dan Accept Undangan lawan sebelum tanggal 13 Agustus pukul 08.00 WIB.
Pertandingan diselesaikan tanggal 15 Agustus pukul 18.00 WIB
Penyisihan 2 tanggal 16 Agustus pukul 08.00 WIB Tantangan dan Accept Undangan lawan sebelum tanggal 17 Agustus pukul 08.00 WIB.
Pertandingan diselesaikan tanggal 17 Agustus pukul 18.00 WIB
16 besar tanggal 18 Agustus pukul 08.00 WIB Tantangan dan Accept Undangan lawan sebelum tanggal 18 Agustus pukul 14.00 WIB.
Pertandingan diselesaikan tanggal 18 Agustus pukul 20.00 WIB
8 besar tanggal 19 Agustus pukul 08.00 WIB Tantangan dan Accept Undangan lawan sebelum tanggal 19 Agustus pukul 14.00 WIB.
Pertandingan diselesaikan tanggal 19 Agustus pukul 20.00 WIB
4 besar tanggal 20 Agustus pukul 08.00 WIB Tantangan dan Accept Undangan lawan sebelum tanggal 20 Agustus pukul 14.00 WIB.
Pertandingan diselesaikan tanggal 21 Agustus pukul 20.00 WIB

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Andi Silangen Nakodai DPRD Sulut Selalu Mengutamakan Tuhan

Manado, Sulutlink. com – Tanpa terasa setahun sudah sosok Dokter Fransiscus Andi Silangen pasca dilantik  …