web analytics

BTP BRIDGE CHALLENGES II MASUKI 8 BESAR


Oleh : Bert Toar Polii
Turnamen bridge online BTP Bridge Challenges saat ini telah memasuki babak knock-out 8 besar. Turnamen yang digelar sejak tanggal 21 September 2020 diikuti 206 pebridge berasal dari seluruh Indonesia.
Turnamen ini pada saat pertama kali dilaksanakan hanya dibatasi 144 peserta. Namun melihat animo peserta maka pada penyelenggaraan yang kedua tidak dibatasi. Pendaftaran yang dibuka selama 3 hari akhirnya menghasilkan 206 peserta suatu rekor peserta untuk event challenges.
Sekedar untuk diketahui challenges adalah salah satu jenis bermain bridge yang dihasilkan oleh Bridge Base Online untuk menampung para pebridge yang tidak punya waktu luang yang panjang tapi ingin menyalurkan hobbinya. Misalnya ketika ada waktu luang entah beberapa menit ia ingin bermain bridge sebentar.
Nah challenges adalah salah satu jalan keluarnya. Cukup membuka computer, tab atau HP kemudian log in ke BBO dan mencari kawan untuk diajak bertanding.
Ketika undangan sudah dibuat kita tinggal memberitahu kawan yang diundang untuk menerimanya dan langsung bisa bertanding.
Pertandingan challenges untungnya tidak harus diselesaikan dalam batas waktu tertentu, disediakan waktu yang cukup panjang untuk menyelesaikan pertandingan. Jadi pemain dapat mencicil untuk menyelesaikan. Misalnya kita mengundang untuk bertanding 8 board, kita bisa memainkan 1 atau 2 board kemudian berhenti. Nanti ketika ada waktu luang kita main lagi 1 atau 2 board sampai seleseai.
Enaknya bertanding challenges tidak ada pikiran kemungkinan ada pemain yang main curang karena kita berpartner dan melawan robot.
Kembali ke pertandingan BTP Bridge Challenges. Awalnya 206 peserta beradu di babak penyisihan bermain Swiss 7 session @12 board. Peringkat 1-64 lolos ke babak kedua. Pada babak kedua dibagi 16 pool berisi 4 pemain dan bermain ½ kompetisi @16 board. Peringkat 1-2 dari setiap pool lolos ke babak KO.
Babak KO 32 besar dan 16 besar memainkan 2×12 board. Setelah menyelesaikan babak KO 16 besar, besok akan dimulai babak KO 8 besar.
Para peserta yang akan berhadapan di babak 8 besar adalah :
Di pool atas akan berhadapan Oktavianus Mawikere (vian.m) melawan Ananta Indrapura Dapu (bamboo12) dan Stenly N Buyung (techin) melawan Boni Waworuntu (polcep). Pemenang akan berhadapan di semi final,
Di pool bawah Dimas Agung Dewantoro (DAD Lapi) melawan Rustam Effendy (rustam51) dan Surya Darma (dgame) melawan Jhoni Iswanto (Alunad350). Pemenangnya juga akan bertarung di semi final.
Babak ini juga akan memainkan 2×12 board sama dengan babak 32 dan 16 besar. Di babak semi final dan final dimainkan 2×16 board.
Cukup mengejutkan karena pemenang BTP Bridge Challenges I tidak ada yang lolos sampai babak ini.
Menurut John Tumewu sebagai Pemimpin Pertandingan, sampai saat ini turnamen berjalan lancer karena dukungan para peserta yang cukup disiplin dalam menyelesaikan pertandingan.
Hal yang sama disampaikan James Walangitan sebagai kamar hitung, walaupun awalnya tersendat tapi selanjutnya peserta menjadi akrab untuk mengisi hasil pertandingan melalui “google sheet” yang disediakan Panpel. Ini sangat membantu sehingga peserta bisa memantau hasil pertandingan yang di upadate setiap 5 menit, lanjut James.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

RDP Komisi III DPRD Bersama Balai Sungai dan Satker Terkait, Tindak Lanjuti Aspirasi Warga

  Manado, sulutlink.com – Rapat Dengar Pendapat Komisi III DPRD Sulut bersama Balai Sungai tindak …