web analytics

BTP-Denny Sacul & Friends Juara Babak Penyisihan Liga Bridge Senior Online

Indonesia selama ini menguasai kategori senior di Zone VI Asia Pacific Bridge Federation Championship bahkan sempat menorehkan prestasi menjadi juara kedua dan ketiga di tingkat dunia.
Namun karena factor usia dimana persyaratan untuk bisa bertanding di kategori senior semakin tinggi setiap dua tahun maka Indonesia saat ini kekurangan pemain senior.
Apalagi banyak pemain senior anggota tim nasional senior yang telah mendahului kita, seperti Donny Tuerah, Memed Hendrawan, Munawar Sawiruddin dan terakhir Henky Lasut.
Sesuai aturan World Bridge Federation (WBF), syarat usia pemain senior tahun 2022 adalah 63 tahun kemudian naik menjadi 64 tahun pada tahun 2024 dan berhenti di tahun 2026 pada usia 65 tahun.

Menarik mengikuti perkembangan kategori senior. Pertama kali ditetapkan oleh WBF ada kategori senior pada tahun 2001. Saat itu dimulai dengan syarat usia minimal 55 tahun. Selanjutnya terjadi diskusi dan lebih banyak suara yang condong bahwa usia 55 tahun belum pantas bermain di kategori senior dan dirubah jadi minimal 60 tahun dan kemudian akhirnya ditetapkan 65 tahun.

Berdasarkan data diatas maka penulis mencoba mencari pemain senior dengan mengadakan Liga Bridge Senior secara online. Tapi karena tujuannya mencari dan memperbanyak pemain senior yang mungkin bisa berkiprah di tim nasional maka syarat umur dikurangi menjadi 60 tahun keatas.

Harapannya ketika mereka serius mau menekuni bridge maka pada tahun 2024 mereka bisa bersaing untuk menjadi anggota tim nasional karena sudah berlatih hampir satu setengah tahun.
Liga Bridge Senior Online diselenggarakan menggunakan platform Bridge Base Online (BBO). Namun yang berbeda adalah memanfaatkan keleluasaan waktu bermain. Pada event ini peserta disediakan waktu sebulan untuk menyelesaikan pertandingan atau karena Liga Bridge Senior Online diikuti awalnya 11 regu maka harus menyelesaikan 11 session. Peserta bebas memilih lawan dan membuat kesepakatan kapan waktunya untuk bertanding.

Ternyata cara ini cukup berhasil dan akhirnya babak penyisihan telah selesai dimana regu BTP-Denny Sacul & Friends keluar sebagai juara. Tim yang diperkuat para pemain Harsudi Supandi (harsudi_s), Bert Toar Polii (bert_polii), Denny Sacul (densakul), M Apin Nurhalim (M_A_N), Pramudita Munandar (Ray8899) dan Tracy Polii (tresi) berhasil mengumpulkan 150.60 VP dan tidak terkalahkan.

Tempat kedua diduduki Semarang Senior yang diperkuat oleh Budi Susanto (DBC18), Slamet Sumarsono (semarang55), Santoso Sie (DBC16), Sugeng Triworo (DBC666) yang mengumpulkan 126.03 VP. Ditempat ketiga bertengger MoneyBank Malalayang dari Manado dengan para pemain Spengky Bagy (xmaya), Marthen Sompotan (mangalei),Jildy Tontey (minanga01), Robert Lempoy (tuamabahu), Max Tompodung (mastom) dan Richard Montong (peturri). Mereka berhasil meraih 112.83 VP. Ditempat keempat diduduki oleh Joyoboyo yang diperkuat oleh R Soemarsono (smarson2), Sentot Brahmantyo (sentot), Arnold Laseduw (yilon1), Anang Fahmi (gaung), R Sandi Basuki (sandiadji), M Herfany Efendy (andin) ditambah dua pemain asal Polandia Michal Gapa (michal1122) pemain tertua di event ini berusia 81 tahun dan Wladek (wladeczek1) yang berhasil mengumpulkan 97.33 VP.

Sesuai rencana keempat tim ini akan bertarung di babak semi final memainkan 2 x 16 papan. Sebagai juara BTP-Denny Sacul & Friends memilih lawan Joyoboyo dengan demikian Semarang Senior akan berhadapan dengan MoneyBank Malalayang.
Peringkat selengkapnya :
5. Gayeng Hebat 96.70 VP
6. 1 over 1 91.25 VP
7. Metaforsa Senior 88.31 VP
8. Ganesha Senior 59.15 VP
9. Banten A 54,42 VP
10. Banten B 20.78 VP.
Selanjutnya peringkat 1-6 akan bermain di Kelas A sedangkan sisanya di Kelas B dimana boleh ada penambahan peserta baru. Nantinya aka nada promosi dan degradasi.

Oleh : Bert Toar Polii

About Redaksi 2

Check Also

Djarum Super Juara Turnamen Bridge ACR Pengprov Gabsi DKI

Regu Djarum Super yang diperkuat Santje Panelewen (PC) Stefanus Supeno/Leslie Gontha dan Jemmy Bojoh/Paulus Sugandi …