web analytics

Bupati Mewoh Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas di Minahasa

Tondano,Sulutlink.com – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) diperingati oleh seluruh jajaran Pemerintah kabupaten Minahasa pada senin (21/5/2018) pagi melalui upacara yang bertempat di halaman kantor Bupati Minahasa.

Upacara Bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110 Tahun 2018 di Kabupaten Minahasa yang bertemakan “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Di Era Digital” dipimpin Bupati Minahasa Drs.Royke H.Mewoh,DEA

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI yang dibacakan oleh Bupati Minahasa Royke H.Mewoh mengatakan,  ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa-apa. Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup,asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama; kemerdekaan bangsa.

“Presiden pertama dan proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno, pada peringatan hari kebangkitan nasional tahun 1952 mengatakan bahwa “Pada hari itu kita mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan satu ide, satu naluri pokok daripada bangsa indonesia.”ucap Mewoh

Bahkan lanjut Royke Mewoh, dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana saat itu, mereka terus menghidup-hidupi api nasionalisme dalam diri masing-masing. Butir Kelima dari nawacita kabinet presiden Joko Widodo dan wakil presiden Jusuf Kalla berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan.

“Pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada tahun-tahun sebelumnya.”jelas Mewoh

Ditambahkannya, dalam peringatan hari kebangkitan nasional, 21 mei 2018, ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat indonesia, untuk mengbangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan  kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak , baik oleh pemerintah,  badan usaha , maupun masyarakat sendiri. Momentum ini menuntut kita untuk tidak buang-buang energi untuk bertikai dan lebih fokus pada pendidikan dan pengembangan manusia Indonesia.”pungkas Royke Mewoh saat membacakan sambutan Menkoinfo RI.

Upacara bendera memperingati Harkitnas dihalaman kantor Bupati Minahasa dihadiri pula oleh Forkopimda Kabupaten Minahasa dan dilanjutkan dengan Ziarah ke makam DR.GSSJ Ratulangi. (herdy)

About Redaksi

Check Also

DPRD Sulut Paripurna PAW Resa Waworuntu dan Meyke Lavarence

Maret 25. 2023 red: karel tangka Sulutlink.com – DPRD Provinsi Sulut menggelar Rapat Paripurna dalam …