web analytics

Bupati ROR Ingatkan 8 Fungsi Keluarga di Peringatan HARGANAS XXVI Minahasa

Bupati ROR Irup di Peringatan Harganas XXVI Minahasa

Minahasa, Sulutlink.com – Bupati Ir Royke.O.Roring,MSi bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke XXVI di Kabupaten Minahasa, Senin (1/7/2019) yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati.

Bupati Minahasa ROR saat membacakan sambutan Kepala BKKBN mengatakan, program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Indonesia secara kwantitas dan kualitas cukup menggembirakan dan dapat dilihat rata-rata wanita usia subur melahirkan (TFR) dari 6,7 pada tahun 1970 menjadi 2,4 pada tahun 2018.

Menurutnya, rata-rata jumlah anak setiap wanita usia subur berjumlah 2-3 orang anak dan secara kualitas penggunaan alat kontrasepsi sudah banyak yang menyukai metode jangka panjang untuk mengatur jarak kelahiran serta keberhasilan tersebut tentunya berkat komitmen yang kuat dari pemangku kepentingan dengan para mitra kerja BKKBN.

Ditambahkannya, sebagaimana amanat Kepres Nomor 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional, membuktikan Pemerintah menyadari pentingnya lembaga keluarga dalam membangun suatu bangsa karena keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara.

Dijelaskannya, setiap negara memiliki 8 fungsi keluarga, yaitu, Fungsi Agama, Fungsi Cinta Kasih, Fungsi Perlindungan, Fungsi Ekonomi, Fungsi Pendidikan, Fungsi Reproduksi, Fungsi Sosial Budaya dan Fungsi Lingkungan.

“Melalui 8 fungsi keluarga itulah diharapkan setiap keluarga mengetahui, memahami dan melaksanakan, mengingat setiap fungsi tersebut merupakan satu kesatuan yang tak terpisahakan,”ucap Bupati.

Diingatkannya, perubahan lingkungan strategis terjadi dengan cepat, terlebih dengan gaya hidup yang semakin modern dan kesibukan orang tua yang semakin meningkat, akan berdampak pada tatanan kehidupan keluarga.

Sementara itu Peringatan Harganas XXVI tahun 2019 mengambil tema, “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dengan slogan, “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”.

Beliau menginstrusikan kepada pimpiman OPD, kerena ini sudah masuk triwulan III maka segara selesaikan anggaran triwulan II dan juga menindaklanjuti hasil perjuangan di Kementerian.

Bupati ROR juga mengucapkan, selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih, selamat HUT Bhayangkara 1 Juli 2019 yang ke 73, selamat kepada ASN yang sudah menerima SK Pensiun, penerima SK Kenaikan Pangkat, selamat kepada Keluarga Tumimomor-Tielung yang menerima Piagam Penghargaan 50 tahun Perkawinan.

Ucapan selamat juga disampaikan kepada penerima bantuan alat teknologi tepat guna Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera, yang secara simbolis kepada kelompok UPPKS Mawar Desa Timu Kecamatan Remboken dan kelompok UPPKS Pakuweni Kelurahan Makalonsow Kecamatan Tondano Timur, serta Pelepasan Peserta Lomba Duta Genre tingkat Provinsi Sulut tahun 2019, utusan Kabupaten Minahasa yang ditandai dengan pemasangan selempang.

Kegiatan upacara dihadiri Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring,MSi, Wakil Bupati Robby Dondokambey, Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng,SH,MSi, jajaran ASN dan THL di Pemkab Minahasa.

Bupati ROR serahkan SK

(JoTam)

About Redaksi 2

Check Also

Pemerintah Desa Suluun Dua Salurkan Bantuan ke Salah Satu PKM Yang Tinggal Sendiri di Perkebunan

Minahasa Selatan, Sulutlink.com – Pemerintah Desa Suluun Dua menyalurkan BLT DD kepada KPM yang tinggal …