web analytics

Bupati ROR Sampaikan Ranperda APBD 2019 di  Rapat Paripurna DPRD Minahasa

Bupati ROR dan Wabup RD di rapat paripurna DPRD Minahasa

Tondano,Sulutlink,com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Minahasa menggelar rapat paripurna penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja daerah tahun 2019 yang dihadiri Bupati Minahasa Royke O. Roring, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung, Sekda Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng, Asisten Pemerintahan dan Kesra Denny Mangala, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa, Kasat Binmas Polres Minahasa AKP. Ambo Tuwo, Mewakili Dandim 1302 Pasi Ops Lettu J. Tuju dan  Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, serta insan pers, di ruang sidang kantor DPRD Minahasa, rabu (21/11/2018)

Bupati Minahasa Royke Roring dalam sambutan menyampaikan, pengantar RAPBD merupakan agenda tahunan yang rutin dilaksanakan, namun tetap memiliki makna strategis sesuai dengan dinamika yang berkembang. Demikian halnya dengan RAPBD tahun anggaran 2019 yang mengandung beberapa pokok pikiran dengan kekhususan tersendiri, yaitu RAPBD Tahun Anggaran (TA) 2019 yang menggambarkan perogram kerja kami sebagai Bupati dan Wakil bupati Minahasa, dimana sasaran program dan kegiatan akan dipertajam guna mewujudkan visi kami yakni mewujudkan Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.

Oleh karena itu lanjut Bupati ROR, walaupun dengan anggaran belanja yang terbatas kita akan tetap memenuhi porsi yang cukup untuk belanja publik, dengan harapan akan mampu memberi multiplayer effect bagi peningkatan sektor-sektor ekonomi masyarakat. Hal inipun tetap di sinergikan dengan kebijakan pemerintah pusat dan provinsi.

Bupati juga menyampaikan secara singkat substansi materi RAPBD TA 2019, Pendapatan daerah yang berasal dari pendapatan asli daerah, dana perimbangan, dan lain-lain pendapatan daerah yang sah. Komponen pendapatan daerah ini merupakan target pendapatan didasarkan pada potensi yang direncanakan pemasukannya pada TA 2019. Maka secara keseluruhan pendapatan dalam RAPBD 2019 berjumlah sebesar Rp.1.333.201.938.509. Dengan demikian secara keseluruhan terlihat bahwa dari sisi pendapatan RAPBD  TA 2019 mengalami peningkatan sebesar Rp.56.441.423.030 dibanding dengan pendapatan dalam APBD perubahan TA 2018 sebesar Rp.1.276.760.515.479.

Mengakhiri pengantar nota keuangan ini, bupati menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan anggota dewan yang terhormat serta seluruh komponen bangsa di daerah ini, atas kejasama serta dukungan yang telah diberikan. Kami berkeyakinan bahwa segala kerja dan pengorbanan kita yang dilandasi dengan ketulusan dan dijiwai semangat menuju kabupaten Minahasa yang semakin hebat lagi, akan mampu kita lakukan.

Beliau juga menghimbau kepada seluruh kepala perangkat daerah, untuk memberikan perhatian dan prioritas terhadap pembhasan-pembahasan yang memintakan kehadiran perangkat daerah agar proses pembahasan RAPBD TA 2019 ini dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan waktu yang telah ditetapkan dan disepakati bersama.

Sementara APBD TA 2019 dibebani oleh alokasi anggaran yang bertujuan untuk membantu kesejahteraan masyarakat, sehingga kami telah mengalokasikan untuk dana duka sebesar Rp.11,2 milyar, BPJS kesehatan gratis sebesar Rp.35.895.180.000, serta bantuan seragam untuk para siswa sebesar Rp.7,2 milyar.(herdy)

About Redaksi

Check Also

Polsek Tondano Gelar Vaksinasi bagi Remaja Berusia 12 hingga 17 Tahun

Minahasa, Sulutlink.com – Polsek Tondano menggelar vaksinasi bagi remaja berusia 12 hingga 17 tahun, di …