web analytics

Cap Go Meh 2016 – Ribuan Warga Manado dan Sekitarnya Tumpah Ruah di Jalanan Pecinan

IMG00813-20160222-1545Manado, SulutLink. Senin sore sekitar pukul 3.00 WITA, ribuan warga Manado dan sekitarnya tumpah ruah di jalan-jalan yang dilalui iring-iringan umat Tri Dharma dari Rumah Peribadatan se kota Manado. Hadir pula pada perayaan ini gubernur Sulut Olly Dondokambey, wakil gubernur Steven Kandouw, ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan juga walikota manado yang baru saja mengakhiri masa jabatan dan kembali mencalonkan diri Vicky Lumentut.

IMG00815-20160222-1545Setelah kata-kata sambutan dan penjelasan mengenai perayaan Cap Go Meh tahun 2016 ini oleh panitia, umat Tri Dharma mengadakan kirab di sepanjang ruang jalan yang sudah ditentukan di pecinan Manado. Kirab dimulai dengan duplikat para dewa-dewi seperti dewi kwan im,  dengan pakaian putihnya yang panjang dan lain sebagainya.

Tarian naga, beraneka ragam barongsai dari berbagai rumah peribadatan ikut menyemarakkan Cap Go Meh ini begitu pula dengan iring-iringn yang mengusung (kio) arca para dewa. Musik bambu klarinet ikut memeriahan kirab dari masing-masing rumah peribadatan.

IMG00799-20160222-1541Cap Go Meh tahun 2016 ini perayaannya ditandai dengan keluarnya 9 tang sin yang direstui. Atraksi tahun ini tidak ditemui atraksi memukan seperti biasanya seperti atraksi sayat lidah, sabetan pedang di tubuh. Terlihat adalah tang sin yang menusuk pipinya dengan besi.

Ketika iring-iringan akan kembali ke Klenteng Ban Hin Kiong, tempat diawalinya arak-arakan, nampak telah bergabung pula tarian cakalele di bagian depan dengan teriakan khas penari cakalele yang menambah semarak acara ini.

Perayaan yang dijaga oleh aparat kepolisian, TNI dan juga ormas seperti Brigade Manguni dan lain sebagainya berlangsung aman hingga berakhir malam harinya.

About Echel

Check Also

DPRD PROVINSI SULUT – PEMPROV SULUT TANDATANGAN KUA-PPAS APBD TAHUN ANGGARAN 2023

Manado, Sulutlink.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Pemprov Sulut tanda tangan …