web analytics

Carlo Tewu Didapuk Pimpin Alumni SMANTO 170 Tondano


Oleh : Bert Toar Polii .
Reuni SMANTO 170 Tondano di perantauan yang digelar dirumah Joice Ansory Rumbayan salah seorang alumni berlangsung dalam suasana yg meriah dan sangat bersahabat. Guyup dan rukun sambung tuan rumah Joice suasananya.

Walaupun ada perbedaan usia dan latar belakang tapi semuanya terlihat menyatu, ditambah lagi Panitia menyediakan seragam dengan latar “nyiur melambai” yang warnanya teduh dan semua alumni yang hadir diwajibkan memakainya, lanjut Joice.
Reuni ini sebenarnya telah lama digagas sejak awal tahun 2018 dimotori alumni angkatan 1970 yang memang dari alumni tahun ini banyak yang berdomisili di Jakarta. Mereka juga pernah menyelenggrakan reuni di Tondano pada tahun 2004 silam.
Dimotori pensiunan Jenderal Polisi Harry Montolalu bersama Decky Wagey, Ferry Karwur, Edward Pakasi, Lexie Mailangkay dari Alumni 70 ditambah penulis dari alumni 71 diadakanlah pertemuan perdana pada awal tahun 2018. Dalam pertemuan ini, semua merasa dan sepakat untuk mengadakan pertemuan para alumni SMANTO 170 di Jakarta, mengingat sebagian besar sudah hamper tidak pernah bertemu sejak tamat sekolah. Alangkah indahnya ketika kita yang satu sekolah dan berasal dari kampong yang sama bias menjalin silaturahmi dan mungkin membuat kegiatan-kegiatan social yang bias saling membantu dan merukunkan.
Ternyata memang tidak mudah mencari waktu yang tepat karena tentu saja masing-masing sudah mempunyai agenda kegiatan sendiri.
Pertemuan dilanjutkan pertemuan kedua dan sudah menetapkan tanggal dan tempat tapi akhirnya gagal lagi karena halangan yang sulit dihindari.
Untung saja telah dibentuk Group WA Alumni SMANTO 170 sehingga tidak perlu lagi harus bertemu tapi cukup berkomunikasi lewat WA group.
Akhirnya semua sepakat untuk diadakan pada tanggal 13 Oktober 2019 dan untuk memudahkan kegiatan selanjutnya maka semua juga sepakat agar dibentuk suatu wadah Alumni Smanto.
Agar proses pembentukan wadah ini bias berlangsung cepat maka pada reuni ini, peserta sepakat untuk hanya memilih Ketua Umum saja. Ketua Umum yang akan membentuk formatur dan menyusun kepengurusan.
Sebagai penggagas, Harry Montolalu kemudian menyampaikan secara resmi keinginan untuk membuat wadah buat Alumni Smanto 170 dan meminta para alumni yang hadir apakah setuju jika ia mendaulat Irjen Pol. Carlo Tewu sebagai Ketua.
Semua peserta sepakat tapi menanyakan apakah Carlo Tewu bersedia karena kebetulan Carlo belum hadir pada waktu itu.
Rupanya telah terjadi komunikasi antara Harry dengan Carlo sebelum ia menyampaikan usulan ini dan Carlo Tewu akan menghadiri acara reuni setelah selesai urusannya di RSAPD. Seperti kita ketahui Carlo sekarang bertugas di Menko Pulhakam sehingga perlu melihat kondisi Pak Wiranto yang sedang kena musibah.
Carlo tidak lama kemudian dating dan langsung ditodong untuk menyampaikan sambutan. Walaupun nampak bingung, tapi ia langsung bertanya kepada Harry Montolalu yang merupakan seniornya di kepolisian apa tugas yang diembannya.
Mengetahui tugasnya, ia menyatakan siap apalagi sudah ada perintah dari senior. Hanya saja ada tiga hal yang ia minta dengan sangat untuk dipatuhi, pertama : organisasi ini tidak terkait kegiatan politik, kedua : “jang babakalae” karena banyak contoh dimana organisasi social bisa pecah terbagi dua hanya karena “bakalae” dan tidak ada yang mau mengalah dan ketiga : siapapun yang ia minta membantunya dalam kepengurusan nanti jangan menolak.
Selanjutnya ketika dimintai komentarnya, Harry Montalalu dan Decky Wagey sepakat bahwa kegiatan Ikatan Alumni Smanto 170 atau apapun namanya yang akan dipilih lebih banyak akan begerak dibidang social dan budaya.
Hal ini diamini oleh Roy Katuuk yang mewakili generasi milenial atau angkatan termuda yang hadir dari Alumni 1985 -1991.
Tahun ini, sekolah yang mempunyai visi : “Berakhlak Mulia, Cerdas, Berdaya Saing, Berkarakter, dan berbudaya Lingkungan” telah melewati usia 60 tahun yang dirayakan secara meriah pada bulan Agustus lalu oleh para alumni dan dihadiri Gubernur Sulut, Olly Dodokambey.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Andrei Angouw Walikota Manado Genjot Vaksinasi Dosis Ke-2

Sulutlink – Wali Kota Andrei Angouw mengatakan, percepatan vaksinasi Covid-19 harus terus digalakkan apalagi Kota …