web analytics

Citra Hidup Oma Mimi

Kesenjangan hidup antara kaya dan miskin terpancar dari kehidupan oma Mimi di Desa Sendangan, Remboken. Di usia yang lanjut dan menjanda, Oma Mimi masih tinggal di bawah pohon dibantu terpal sebagai pelindung hujan dan panas. Kisah Oma Mimi ini menjadi pembicaraan seru oleh pemerhati Oma Mimi di account FB Joppie Worek.

janda dan rumah“Matua’mo Wiai, Lumoho Terang……

Siang itu, perempuan 87 tahun itu tertatih menuju sebuah halaman rumah di sisi lapangan Desa Sendangan Remboken. Dia meninjau sebuah pekerjaan pembangunan rumah. Sebatang tongkat kayu membantunya melangkah. Di depan sebuah rumah yang sedang di bangun, janda tua itu berhenti dan mengamati pekerjaan pembangunan rumah untuknya hasil kerja mapalus para Facebooker Minahasa. Kepada seorang tukang (Om Bas) yang menyambutnya, Oma Mimi bertutur dengan suara yang lirih, “Matua’mo Wiai, Lumoho Terang….(So tua bagini baru mo lia terang),” kata perempuan yang lebih 30 tahun hidup di bawah pohon beratapkan terpal di kebun belakang kampung.

janda dan rumah 3
Oma Mimi tinggal beratapkan terpal

So tua bagini baru mo lia terang… Sebuah ungkapan dan pengakuan jujur seorang perempuan tua. Janda yang ditinggal pergi suaminya itu memang telah malang melintang bersama dua anaknya, tinggal di bawah pohon tentu tanpa penerangan.

Oma Mimi tentu sangat bersyukur diusianya yang renta dan papah ini, dia punya harapan bisa tinggal di rumah yang layak, rumah yang TERANG. Ungkapan Oma Mimi itu juga menunjuk pada kebutuhan hidup manusia pada TERANG. Oma Mimi menyadarkan kita, bahwa kita butuh TERANG.

Terima kasih Oma Mimi, engkau telah menyadarkanku bahwa hidup manusia, senang ataupun susah selalu membutuhkan TERANG HIDUP.

Matua’mo Wiai, Lumoho Terang …..” komentar Joppie Worek di account FBnya.

janda dan rumah 2
Rumah Oma Mimi yang hampir selesai yang dikerjakan secara Mapalus. 
janda dan rumah 4
Sabua sementara tempat berteduh Oma Mimi

 

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Malonda: Mengerti Untuk Dimengerti, Mendengar Untuk Didengar, Memahami Untuk Dipahami

  Manado, sulutlink.com – Dalam untuk Persiapan Pengawasan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah tahun …