web analytics

Dandes Maliambao Sebagian Besar Untuk Infrastruktur Desa

Minut – Sulutlink.com Infrastruktur menjadi perhatian Pemerintah Desa (Pemdes) Maliambao kecamatan Likupang Barat, untuk itu Pemdes memanfaatkan Dana Desa (Dandes) untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur desanya. Beberapa sarana fisik desa yang diperbaiki dan dibangun seperti jembatan tanggul, gapura dan jaringan air bersih.

Hukum tua desa Maliambao, Josafat Pangku, mengatakan pembangunan fisik yang dilaksanakan tersebut menggunakan Dandes tahap satu yang keseluruhannya mencapai Rp400 juta lebih. Seluruh kegiatan pembangunan yang dilaksnakan tersebut menurutnya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Untuk itu pihaknya sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menggelontorkan Dandes untuk pembangunan infrastruktur desa.

“Jika sebelumnya untuk mendapatkan kue pembangunan harus menunggu lama karena menyesuaikan dengan kondisi keuangan daerah, kini pemerintah desa dan masyarakat bisa merencanakan dan membangun sendiri infrastruktur di desa tanpa harus bergantung pada APBD.”kata Josafat.

Ia menambahkan, pekerjaan fisik tahap satu di desa Maliambao telah selesai dan laporan pekerjaannya telah disampaikan ke Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Minut, untuk diproses pencairan tahap dua. Ia berharap pencairan tahap dua ini bisa segera direalisasikan mengingat tidak lama lagi akan masuk akhir tahun anggaran.

Terpisah, sekretaris desa Maliambao Ekarina Bawotong, mengatakan pengelolaan Dandes dilakukan secara transparan dan sesuai dengan ketentuan penggunaan anggaran. Laporan soal penggunaan Dandes disampaikan sesuai fakta dan kondisi riil dilapangan karena hal tersebut sangat sensitif dan bisa berimplikasi hukum jika salah dalam membuat laporan atau memanipulasi data laporan penggunaan anggaran.

“Saya tidak mau berkompromi dalam hal laporan keuangan. Apa yang dikerjakan dan dibelanjakan, itu yang saya cantumkan dalam laporan, sesenpun anggaran yang digunakan harus dipertanggung jawabkan.”tutupnya.(HanTam)

About Redaksi

Check Also

Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sulut Turun Reses I Tahun 2022, Jemput Aspirasi Masyarakat

  Manado, Sulutlink.com – Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr …