web analytics

Dapatkan Nilai Terbaik SPBE di Sulut, Kemenpan RB Berikan Apresiasi kepada Kabupaten Minahasa Tenggara

Minahasa Tenggara, Sulutlink.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), kembali mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat, terkait penyelenggaraan pemerintahan.

Setelah di awal bulan Januari 2022, Mitra mendapatkan penilaian tertinggi dari Kementerian Hukum dan HAM dalam penyelenggaraan aksi perlindungan Hak Asasi Manusia, kali ini Kabupaten yang dipimpin Bupati James Sumendap, dan Wakil Bupati Joke Legi mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Berdasarkan hasil evaluasi KemenPAN-RB terhadap pelaksanaan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2021, Kabupaten Mitra berada di rangking pertama.

Berdasarkan Surat Menteri PAN-RB tertanggal 5 Januari 2022, tiga besar nilai tertinggi di Sulawesi Utara, indeks SPBE Mitra 2,46 poin, disusul Kota Kotamobagu 2,41 poin, dan Kabupaten Bolaang Mongondow 2,03 poin.

Penerapan SPBE yang telah dilaksanakan di Kabupaten Mitra yakni, e-absensi, e-SPT/e-SPPD, e-TUP, Tax Cliring, SIKM, e-arsip, e-planning, e-Kinerja e-budgeting, OSS (Online Single Submission), Siskeudes, Siswaskeudes, Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis), JIDH (Jaringan Informasi dan Dokumentasi Hukum), aplikasi BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan), LPSE dan aplikasi pendataan COVID-19.

Bupati James Sumendap telah menyampaikan tahun 2022 Pemkab Mitra mempunyai tema khusus yaitu ‘Membangun Reputasi dan Berprestasi’ dalam penyelenggaraan pemerintahan.
Dia juga mengungkapkan sejumlah capaian yang telah diperoleh harus pertahankan dan berharap pada tahun 2022 harus meraih lebih banyak prestasi.

“Bangun reputasi dengan cara yang paling terbaik. Dan komitmen yang dibangun bersama terus dijaga, diharapkan semakin banyak melahirkan prestasi untuk Pemkab, terutama untuk rakyat Kabupaten Mitra,” ujarnya.

Sekretaris Daerah David Lalandos mengungkapkan, Pemkab Mitra mendapatkan apresiasi khusus dari Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo melalui surat yang disampaikan kepada bupati.

“Ini menjadi komitmen dari Pemkab Mitra untuk melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, termasuk pelayanan masyarakat sudah berbasis elektronik,” katanya.

Dia mengungkapkan, saat ini dengan kemajuan teknologi informasi, Pemkab Mitra berupaya untuk terus melahirkan inovasi dalam melaksanakan reformasi birokrasi, dengan penerapan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik.

“Dengan adanya ini, kerja-kerja pemerintah dari kabupaten sampai di desa dapat dilaksanakan dengan baik dan akuntabel. Selain itu makin memudahkan pelayanan pemerintah bagi masyarakat,” tandasnya.

(Rusli.m)

About Redaksi 2

Check Also

Asisten Talumewo Buka Thematic Academy 2022, Kadis Kominfo Berikan Apresiasi Bagi Guru Yang Kreatif

TONDANO, Sulutlink.com – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi yang diwakili oleh Asisten …