web analytics

DARI DANA DESA UNTUK MASYARAKAT TERDAMPAK BENCANA NASIONAL COVID -19

Sonder, Sulutlink.com.
Awal Tahun 2020 ini merupakan tahun kelam bagi penduduk dunia. Hampir semua negara mengerahkan cadangan uangnya untuk menanggulangi serta melindungi masyarakatnya dari virus corona covid -19.


Mulai Pemerintahan Pusat, Provinsi Kabupaten dan Kota, Kecamatan hingga pedesaan saat ini fokus menghadapi bencana global corona ini.

“Memang ada aturan yang membenarkan Dana Desa (DanDes) untuk dipakai pada keadaan darurat bencana seperti sekarang ini.” Ujar Hukum Tua (Kades) Kolongan Atas Kecamatan Sonder, Ram Makagiansar. S Sos, Sabtu (25/4).


Lebih lanjut Ram menambahkan penjelasannya, bahwa situasi tanggap darurat ini, pihak Pemerintah Desa Kolongan Atas yang dipimpinnya, mau tidak mau harus memberi stimulus kepada masyarakat desanya. Utamanya kepada keluarga-keluarga ekonomi lemah dan kaum Disabilitas.


“Walau Dandes belum dicairkan, pada waktu lalu namun kami dapat mengambil kebijakan mengadakan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah penduduk dan fasilitas fasilitas umum, rumah rumah ibadah dan mini market yang ada, pada medio awal bulan bulan April 2020 waktu lagu. Menurutnya, hal ini harus dilakukan secepat mungkin dengan maksud mengantisipasi ancaman penyebaran Virus Corona.

Selanjutkan dari Dandes TA 2020 di tahap pertama, disisipkan untuk belanja bahan pokok (bapok) makanan, memberi stimulus Bapok Beras, Minyak Kelapa dan Mie Instan kepada seluruh keluarga di desa Kolongan Atas, sejumlah 432 Keluarga.

Hukum Tua “penggila” olah raga sepak bola ini berharap agar masyarakat terus mengikuti arahan dan amaran yang telah dibuat oleh pemerintah, demi kesehatan dan keselamatan jiwa, terhindar dari virus corona Covid 19.


“Dari DanDes 2020, tahap pertama ini, kami membangun bangunan bilik tempat mandi dan pembuatan pompa air bersih akrab lingkungan, hal ini sesuai Rencana Pembangunan desa sebelum adanya bencana virus corona.

Di Desa Sendangan 1, Kecamatan yang sama (Sonder), tampak di jalan raya ujung desa tersebut, diadakan posko kewaspadaan. Dimana setiap kendaraan atau masyarakat yang akan memasuki Sesa Sendangan 1 ini, ditanyakan maksud hendak ke mana dan kepada pengendara dipersilahkan mencuci tangan pakai sabun, sebelum memasuki desa tersebut.

Hukum Tua Desa Sendangan Satu Kecamatan Sonder, Swinglie Wangko SE, kepada wartawan media ini mengungkapkan bahwa Pemerintahan Desa yang dipimpinnya, juga memberi bantuan stimulus BaPok kepada 330 Rumah Tangga yang ada di desa Sendangan ini. Masing masing keluarga diberikan Beras 5 Kg, Telur Setengah Baki (15 Butir) dan Mie Instan.

Dalam mengahadapi krisis bencana virus corona Covid 19 ini, Swingly berharap kepada masyarakat agar terus menjaga kesehatan. Jaga kebugaran dan fitalitas tubuh, utamanya kebersihan lingkungan tempat tinggal dan diri sendiri.


Ditambahkan oleh Hukum Tua muda ini, Desanya juga sementara melaksanakan pembangunan perintisan jalan baru perkebunan sepanjang 1000 meter di bagian Timur desa tersebut.


“Bersamaan dengan anggaran belanja Bapok Makanan, sumber biayanya didapat dari DaDes Tahap awal TA 2020 ini.” Ujar Swinglie. (Harry)

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Sosialisasi Perda Provinsi Sulut, Ini Yang Ditanggapi Anggota DPRD Yongkie Limen

Manado, Suluink.com – Legislator Yongkie Limen, menggelar Sosialisasi dua Peraturan Daerah (Perda), Perda Nomor 2 …