web analytics

Delegasi Kota Minami-Boso Jepang Bertemu Walikota Tomohon

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak hari Rabu 27 Juli 2016
menerima kunjungan kehormatan delegasi dari Pemerintah Kota
Minami-Boso Jepang yang terdiri dari Fumio Kato selaku Wakil Direktur BUMD PT Ciba-Minami-Boso, Katsuhito I Shii Kepala Sektor Perencanaan & Keuangan Divisi Urusan Umum Kota Minami-Boso, Taketoshi Watanabe selaku penanggung jawab proyek dari kantor pusat JICA (Japan International Cooperation Agency) atau Lembaga Kerjsasama Internasional Jepang, Miss Mihoko Kikuchi selaku Konsultan JICA dengan penerjemah Tsuyoshi Maeyama yang melaksanakan pertemuan di Aula Show
Window Kelurahan Kakaskasen II Kecamatan Tomohon Utara.

1

Mengawali pertemuan ini Walikota Tomohon mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini serta memperkenalkan para pejabat terkait yang hadir dalam pertemuan dalam rangka perkenalan perdana dan presentasi masing-masing keunggulan dan potensi daerah. Pada kesempatan baik ini Eman menginformasikan gambaran Kota Tomohon secara umum, dengan kelebihan pemerintah Kota Tomohon yakni terbaik dari segi pengelolaan keuangan serta pada tahun 2015 lalu menduduki posisi tertinggi di Suawesi Utara untuk Indeks Pembangunan Manusia. Oleh karena itu beliau  mengharapkan akan banyak lembaga seperti JICA yang akan datang dan membantu Kota Tomohon, karena banyak sekali yang dapat di kembangkan melalui perjanjian kerjasama.

Beliau juga menginformasikan penyelenggaraan TIFF yang saat ini
memasuki pelaksanaan ke enam kalinya dan tahun 2016 ini Jepang turut serta, iven ini mirip dengan Tournament of Roses di Pasadena Amerika kata Eman. Dengan adanya TIFF tentu akan berdampak pada kemajuan dalam berbagai bidang seperti pariwisata dan pertanian yang pada gilirannya berdampak luas pada peningkatan kesejahteran para petani dan seluruh masyarakat Tomohon. Oleh karena itu kamipun berharap bantuan dari lembaga internasional. Semoga kunjungan akan bermanfaat bagi Pemerintah Kota Tomohon dan Pemerintah Kota Minami-Boso lanjut Eman.

Dalam kesempatan ini delegasi Jepang dan perwakilan JICA juga
memperkenalkan diri sekaligus kapasitas mereka serta tujuan kunjungan ini yang pada umumnya adalah untuk terus mengembangkan kemampuan dari pemerintah daerah masing-masing dalam memajukan pembangunan yang ada di daerahnya masing-masing dan mengefektifkan produktifitas daerah.
Sekaligus mempresentasikan program kerjasama dan hasil dari
pengembangan Program Stasiun Jalan di Minami-Boso Jepang yang telah berhasil melalui system refitalisasi dengan pemanfaatan sumber daya lokal sehingga menciptakan daerah semakin bersinar dan maju.

Sekilas mengenai Program Stasiun Jalan yang telah berhasil memajukan Kota Minami-Boso memiliki multi fungsi dan memiliki dampak luas yakni berfungsi sebagai tempat istirahat memiliki ragam fasilitas hotel, restoran & WC, pusat informasi, kemitraan, perdagangan, pencegahan bencana, pariwisata,  tempat pemasaran hasil pertanian, tranportasi dan pertunjukan seni budaya serta tempat penitipan anak. Program Stasiun Jalan Minami-Boso inilah yang ditawarkan untuk dilaksanakan di Kota Tomohon dalam pembangunan ke depan.

Selanjutnya dalam sesi dialog Walikota mengatakan Pemkot Tomohon menyiapkan lahan dan infrastruktur serta managemen pengelolaannya ke depan, semoga JICA dapat membantu dari pendanaannya. Pemkot Tomohon juga akan di undang untuk mengunjungi Kota Minami-Boso Jepang pada 6-16 September 2016 yang akan di fasilitasi JICA jepang. Delegasi pemerintah Kota Minami-Boso juga akan kembali berkunjung  ke Tomohon
pada Bulan Oktober nanti. Saat pertemuan ini walikota turut didampingi Kepala Bappeda, Kadis Pariwisata, Kadis Perindag, Kadis Koperasi, Kadis Pertanian dan Kabag Humas & Protokol bersama Sekretaris Bappeda serta para Kabid, Kasubag Humas dan para staf.

About Echel

Check Also

DPRD PROVINSI SULUT – PEMPROV SULUT TANDATANGAN KUA-PPAS APBD TAHUN ANGGARAN 2023

Manado, Sulutlink.com-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Pemprov Sulut tanda tangan …