web analytics

Demokrat Serahkan Dokumen Keabsahan Kepengurusan, Walukow: KPU Akui Partai Demokrat Sah Versi Torang

Manado, Sulutlink.com – Hendry Walukow, selaku Kordinator Bidang BPOKK DPD Partai Demokrat Sulut mengatakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat, Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Kabupaten/Kota benar mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut dan Kantor Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) Sulut dalam rangka menyampaikan dokumen keabsahan Kepengurusan Partai Demokrat yang sah,” jelas Walukow kepada media sulutlink.com melalui WA Minggu (14/3).

Kunjungan dipimpin langsung oleh Ketua DPD Demokrat Sulut Mor Bastiaan di dampingi Sekretaris DPD Demokrat Sulut Billy Lombok dan Pengurus DPD dan DPC se Kabupaten/kota.

“Kedatangan kami dari Pengurus DPD Partai Demokrat Sulawesi Utara dan sejumlah pengurus DPC ini, intinya adalah menyampaikan keberatan kami terhadap pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara, karena menurut kami, KLB itu inkonstitusional, ilegal dan tentu telah mencederai demokrasi, dan bahkan meruntuhkan supremasi hukum,” ungkap Ketua DPD Demokrat Sulut Mor Bastiaan.

Tidak hanya itu, Mor juga menekankan bahwa Partai Demokrat di bawah kepemimpinan AHY disahkan oleh negara.  Berdasarkan AD/ART, dan tidak ada situasi yang mendesak untuk dilakukannya KLB, kata Wakukow mengutip penjelasan DPD saat rapat terbatas.

“Tiba-tiba ada KLB, itu mekanisme yang salah. Menurut aturan KLB itu bisa dilakukan apabila ada persetujuan majelis tinggi. Kemudian harus dihadiri 2/3 dari DPD provinsi dan setengahnya dari DPC, itu berarti AD/ART kita secara hukum mengikat internal Partai Demokrat, kemudian AD/ART kita disahkan oleh negara. Jadi instrumen ini yang harus digunakan,” tandas Mor.

Koordinator Bidang BPOKK DPD Demokrat Sulut Hendry Walukow mengemukakan memang maksud kunjungan tadi adalah membawa berkas keabsahan partai Demokrat Sulut, lengkap dengan pengurus-pengurus DPC yang sah.

“Contohnya tadi, di KPU Sulut, mereka masih mengakui kepengurusan Partai Demokrat yang sah versi Torang,  karena memang masih Torang yang terdaftar di Menkumham. Hanya menyikapi isu-isu KLB, makanya kita hanya mempertegas disisi keabsahan partai Demokrat, dan sesuai perintah dari DPP,” pungkas Walukow yang juga representative di DPRD Sulut dari Dapil Bitung Minut. (karel)

About DeProS Red

Check Also

Bupati FDW dan Wakil Bupati PYR Beribadah Sebelum Menempati Ruangan Kerja yang Baru

Minahasa Selatan, Sulutlink.com – Bupati Minahasa Selatan Franky D Wongkar SH dan Wakil Bupati Pdt …