web analytics

Desa Kanonang (Raya) Kini Miliki Pasar Tradisional

Kawangkoan, sulutlink.com
Seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang berimbas pada kebutuhan belanja pasar penduduk lokan di Desa Kanonang Satu. Pemerintah Desa Kanonang Satu Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa, proaktif mengadakan pasar tradisional.

Dengan dibukanya pasar tradisional tersebut, Hukum Tua (Kades) Lucky Kasenda SE mengumumkan kepada publik Kanonang Raya untuk mempersilahkan berjualan di areal pasar Kanonang tersebut (4/05).
Ide dan gagasan membuka pasar tradisional skala kecil ini, menurut sekretaris Desa Kanonang Satu Heppy Walangitan, bahwa keberadaannya sesuai tinggkat jumlah penduduk dan perekonomian yang ada. “Untuk Kanonang memang sudah saatnya ada pasar.” Menurutnya lagi, Hal ini dapat ditinjau dari segi animo masyarakat Kanonang Raya yang sebagian besar berprofesi Petani, Peternak dan pedagang kecil sektor riil atau bahasa daerahnya Tibo-Tibo.
Ditambahkan oleh Walangitan antusiasme penduduk lokal Kanonang Raya, dengan diadakannya pasar Tradisional tersebut, terlihat sangat bersemangat.
Pasar kecil di Desa kampung halaman mantan Gubernur Sulut Almarhum Drs A J Sondakh ini, ketika dibuka pada hari pertama (4/05) langsung dikerubuti oleh warga masyarakat dari 5 Desa yang ada di Kanonang raya.
Pasar berskala kecil ini nantinya akan dioperasikan setiap hari. Dan soal ketersediaan stok pedagang, yang juga adalah penduduk setempat dapat dijamin kelengkapan jualannya.Seprti Bawang Rica Tomat (Barito) dan rempah – rempah lainya serta sayur – mayur, daging dan ikan mentah.
Khusus Sayur mayur dan rempah Barito dan buah buahan tersebut, saat ini semua komoditi itu adalah hasil produksi pertanian dan perkebunan penduduk Kanonang.” pungkasnya lagi. (harry)

About Redaksi Sulutlink

Check Also

AHY: Demokrat Kedepankan Kepentingan Rakyat, Pembangunan Itu Untuk Rakyat Bukan Rakyat Untuk Pembangunan

November 26. 2022. admin: karel supit Manado.Sulutlink.com – Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti …