web analytics

Dialog Pemkot Tomohon Dengan Media

Pemerintah Kota Tomohon melaksanakan Dialog bersama Wartawan Media Tomohon yang membahas seputar kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan  yang ada di Kota Tomohon menjelang pelaksanaan hari raya Idul Fitri dan Pelaksanaan Pengucapan Syukur secara  serentak di Kota Tomohon pada tanggal 7 Agustus 2015 sesuai usulan dari FKUB, BKSAUA, BAMAG bersama FKDM. Kepala Badan Kesbang Tomohon Drs Paulus Roring mengatakan tujuan kegiatan ini yakni menginformasikan usulan dan rekomendasi yang merupakan hasil dari forum yang telah dilaksanakan dimana ada beberapa rekomendasi yang perlu disampaikan melalui para narasumber yang juga dirangkaikan dengan pelaksanaan perayaan Idul Fitri di Kota Tomohon.

Pendeta Joy Palilingan selaku ketua FKUB mengatakan dari berbagai pertemuan telah terangkat apa yang di sebut pengucapan syukur yang menurut mereka adalah tradisi tahunan yang mangandung nilai-nilai budaya dan agama. Oleh karena itu para tokoh agama mengatakan perlu tetap dilaksanakan pengucapan syukur sesuai dengan kalender dengan muatan-muatan yang positif seperti suksesnya Pilkada yang aman, pengucapan syukur juga dilaksanakan karena meraih WTP ketiga kali, sekaligus dalam rangka Idul Fitri dengan sesama umat beragama dan kita mengucap syukur atas HUT RI dan syukur menyambut TIFF 2016.

Sehubungan dengan tradisi gerejawi dan tradisi masyarakat Tomohon yang membudaya di tanah Minahasa, karena itu kita diajak untuk selalu mengucap syukur. Pelaksanaan ucapan syukur   berdasarkan usulan dari  tokoh-tokoh agama direncanakan pada tanggal 7 Agustus 2016. Pengucapan syukur ini bukan hanya milik agama tertentu tetapi semua umat beragama yang merupakan satu kesatuan dalam dua identitas warga kota dan warga beragama, ini aspirasi dari  FKUB, BKSAUA, BAMAG dan FKDM.

Mewakili BAMAG pendeta Januri Lumingkewas mengatakan BAMAG selalu membangun kerjasama dengan pemerintah dan  FKUB, apapun kebijakan pemerintah BAMAG akan selalau mendukung. Kita akan mengucap syukur pada tanggal 7 karena memang perlu kita mengucap syukur secara bersama-sama untuk kebersamaan dalam masyarakat kota, setiap hari kita dapat bersyukur tetapi bersyukur bersama –sama tentu lebih baik.

Selanjutnya Kapolres AKBP Monang Simanjuntak mengatakan kami tidak bisa bekerja sendirian tapi butuh peran serta masyarakat. Terima kasih kami dari polri yang mendapat dukungan masyarakat . Menurutnya menjelang operasi ketupat kita telah melaksanakan cipta kondisi maupun kegiatan rutin lainnya juga kesiapan dalam rangka Idul Fitri ini telah diganti dengan nama operasi ramadhania yang akan dibuka besak di polres Tomohon dengan mengikutkan 2/2 pasukan,dengan mendirikan poskota, pos lalulintas. Kegiatan lainnya ada takbiran sudah dikoordinasikan dengan MUI ketua Iman masjid yang terpusat di masjid bukan dilapangan dalam upaya pengamanan. Kami juga mengadakan pengamanan di lokasi wisata, bagi masyarakat yang berwisata dengan melibatkan instansi terkait. Beliau juga mengatakan HuT polri ke 70 pada  1 Juli akan dilaksanakan kejuarana volli, anjangsana ke makam pahlawan dan pada Jumat 1 Juli upacara hut bayangkara jam 4, dan buka puasa bersama di Polres Tomohon. Untuk pengucapan syukur kami siap mem backup pengamanan dan kegiatan ini yang sudah membudaya ini sangat baik sesuai dengan Tomohon sebagai kota religius.

pers tomohon pers tomohon 2

About Echel

Check Also

AFRI WOWOR NEKAT PANJAT TIANG BENDERA DEMI PASANG TALI PENGIKAT BENDERA MERAH PUTIH

Minahasa Selatan,SulutLink.com – Dua tahun pandemi covid-19 telah membuat rakyat Indonesia tidak merayakan momentum peringatan …