web analytics

Din Syamsuddin Nyaris Usulkan Moratorium Ziar Agama

IMG_20170424_114720Sulutlink. Manado.  Ketua Dewan Pertimbangan MUI Prof. Dr. Din Syamsuddin sempat mewacanakan dilakukan Moratorium ziar Agama dalam kesempatan dialog Pekan Kerukunan di Hotel Aryaduta Manado Propinsi Sulawesi Utara, (24/4).

Peringatan Isra Miraj 1438 H tingkat Propinsi Sulawesi Utara sekaligus dalam rangka Pekan Kerukunan yang digagas Gubernur Sulut Olly Dondokambey berlangsung hikmat dan dihadiri umat Muslim di Sulut dan peserta FKUB se Indonesia.

Disesi pemaparan terkait Kerukunan Beragama Prof Dr. Din Syamsuddin diawal pembicaraan melontarkan wacana Moratorium Ziar Agama di Indonesia dalam rangka menjaga kerukunan beragama.

Namun setelah sesi tanya jawab yang diwakili 5 orang penaya datang dari berbagai daerah se Indonesia yang intinya bagai mana mencari solusi terbaik tentang kerukunan beragama di Indonesia.

Kemudian saat mendapat kesempatan memberi jawaban dan tanggapan Prof. Din Syamsuddin buruh-buruh memberi klarifikasi terkait apa yang disebutnya Moratorium ziar agama.

Kata Din, agar tidak disalah tanggapi oleh teman-teman wartawan tentang Moratorium ziar agama, maka yang saya maksudkan tadi baru sebatas rencana mengusulkan adanya Moratorium ziar agma, jadi belum ada pemberlakuan Moratorium ziar agama.

Alasan Din Syamsuddin kalau dilakukan Moratorium ziar agama itu sama saja menghilangkan hak asasi manusia untuk bebas beragama atau memilih agama dan kepercayaan setiap orang. Karena di internal Islam sendiri ada beberapa paham berbeda, apa lagi antar agama yang ada.

Sebagai jalan tengah dalam menciptakan kerukunan beragama diusulkan 5 hal yaitu: Pengakuan Kemajemukan, Kesediaan hidup berdampingan,  kesamaan agama, Rasa Kebangsaan dan Nilai Kemanusiaan.

Olly Dondokambey Gubernur Propinsi Sulawesi Utara selaku penggagas pertemuan FKUB se Indonesia pertama kali dilaksanakan, berharap komunikasi terus dibangun diantara FKUB sehingga permasalahan yang timbul dapat diselesaikan di tingkat FKUB Kabupaten/Kota masing-masing.

Kesempatan ini juga guna merajut silahturahim dan kebersamaan sehingga tercipta saling menghargai antar agama dan tidak masuk pada wilayah agama orang yang lain. (Jansen)

 

About Redaksi 2

Check Also

Andrei Angouw Walikota Manado Genjot Vaksinasi Dosis Ke-2

Sulutlink – Wali Kota Andrei Angouw mengatakan, percepatan vaksinasi Covid-19 harus terus digalakkan apalagi Kota …