web analytics

Dirjen IKMA Kementerian Perindustrian RI Lirik Potensi Kelapa Minsel

Minsel,Sulutlink.com- Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI, Gati Wibawaningsi bersama Bupati DR Christiany Eugenia Paruntu,SE, Selasa (26/2/2019) di Hotel Sutan Raja Amurang, melakukan tatap muka dengan petani kelapa di Kabupaten Minahasa Selatan.

Kedatangan Dirjen IKMA Gati Wibawaningsi di Kabupaten Minsel dalam kaitan melirik potensi unggulan kelapa yang ada dan nantinya akan dijadikan pilot project Industri Kecil Menengah (IKM) untuk pengembangan Industri Kelapa Terpadu di Provinsi Sulawesi Utara.

Dirjen IKMA Gati Wibawaningsih juga menilai, potensi kelapa di Minsel sangat menjanjikan untuk dilakukan pengembangan IKM Industri Kelapa Terpadu.

Menurutnya, data di BPS Tahun 2017 memperlihatkan nilai ekspor buah kelapa sebesar US$ 121,9 juta, dengan nilai ekspor produk turunan kelapa sebesar US$ 1.205 juta yang terdiri dari ekspor copra, coconut sheel, coco fibre, desicated coconut, coconut cream, coconut activate carbon dan charcoal.

Dijelaskannya, Kabupaten Minsel yang didukung dengan fasilitas pelabuhan yang telah ada, maka akan lebih mendekatkan jangkauan ekspor industri kelapanya.

Ditambahkannya, pihaknya juga akan menfasilitasi bimbingan teknis dan fasilitasi mesin serta juga mengadakan peningkatan kemampuan IKM permesinan teknologi tepat guna, melalui fasilitasi mesin atau peralatan IKM permesinan TTG dengan dilakukan pendampingan IKM permesinan teknologi tepat guna untuk dua IKM.

Sementara itu Bupati Tetty Paruntu mengucapkan terima kasih atas kunjungan Dirjen IKMA Gati Wibawaningsi di Kabupaten Minsel dan berharap kiranya Minsel akan terus mendapat perhatian dari Kementerian Perindustrian RI.

Kegiatan juga dihadiri Kadis Perdagangan Sulut, Sekda Minsel Denny Kaawoan, Kadis Perdagangan Minsel Adrian Sumuweng dan para petani kelapa Minsel.(Adv/JoTam)

About Redaksi 1

Check Also

Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut Sosialisasi Perda Provinsi Sulut Tahun 2022

“Agenda sosialisasi perda dari tanggal 23-27 September 2022” Sangihe, Sulutlink.com – dr. Fransiscus Andi Silangen, …