web analytics

Disparbud Percepat Pembentukan Team Percepatan Pariwisata

Manado,sulitlink.com-  Pemerintah Kota Manado membentuk tim koordinasi percepatan pariwisata.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Dra Lenda Pelealu, (30/1/2018) tim ini akan segera action dalam waktu dekat untuk memajukan serta membuat pariwisata kian diminati wisatawan.

“Tim ini diketuai Sekretaris Kota dengan melibatkan instansi-instansi yang terkait dengan pariwisata,” ucap Pelealu.
Diapun menjelaskan, nantinya visi pemkot menjadikan Manado sebagai kota pariwisata dunia tidak hanya wewenang dinas pariwisata tapi semua stakeholder terkait akan dilibatkan.
“Contohnya, Satuan Polisi Pamong Praja akan melibatkan personelnya sebagai polisi pariwisata. Dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian memamerkan produk-produk lokal agar lebih dikenal dan memberi kesan istimewa bagi pengunjung,” kata Pelealu.
Selain itu katanya, nantinya pembangunan serta perbaikan infrastruktur pariwisata bisa saja ditangani Dinas Pekerjaan Umum serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH). “Namun, semuanya akan dikoordinasikan agar percepatan pariwisata lebih terarah dan tepat sasaran,” koar mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga itu.
Sementara itu, Wali Kota Vicky Lumentut mengungkapkan, pihaknya akan membentuk kampung wisata di Kecamatan Bunaken. Dan tahun ini. Lumentut menyatakan, nantinya masyarakat di kampung tersebut, akan dibina cara cara mengelola industri pariwisata berbasis rumah tangga. Seperti pembuatan souvenir, pengelolaan cottage,home stay dan lainnya. Selain itu, akan dibangun pula Kampung Bebas Narkoba dan Kampung Taat Hukum.
“Pembentukan Kampung Wisata, Kampung Bebas Narko badan Kampung Taat Hukum di Kota Manado bertujuan untukmengajak peran masyarakat dalam mendukung program pemerintah termasuk upaya-upaya menyelamat¬kan Bunaken dan menye¬lamatkan generasi muda kita dari bahaya Narkoba,” tegas Lumentut.
Di samping itu katanya, selaku pemimpin Kota Manado dirinya mengajak peran seluruh komponen yang ada di kota ini, untuk ikut menyelamat kan Taman Laut Bunaken. Apalagi, Bunaken merupakan masa depan Kota Manado.
“Mari sama-sama kita jaga dan lestarikan Taman Laut Bunaken. Sekarang ini, taman laut kita punya saingan yakni Raja Ampat dan Wakatobi. Mereka juga punya taman laut yang sama dengan kita, hanya saja kita kurang gaungnya dan laut kita mulai dipenuhi sampah. Oleh karena itu, kita punya tanggung jawab yang besar untuk ikut menjaga kelestarian taman Nasional laut Bunaken,” pungkasnya.

(Onal Gampu)

 

About Redaksi

Check Also

AHY LANTIK 15 DPC PARTAI DEMOKRAT SE SULUT, ANISA LANTIK SRIKANDI SEYLA KUDATI

  November  25. 2022 admin: karel supit Manado. Sulutlink.com – Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat …