web analytics

DLHD Sulut Diduga Tak Transparan Mengungkap Fakta Dampak Lingkungan PT SEJ

 

Manado, Sulutlink.com – Sindiran Drs Eddyson Masengi,MS Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Sulut yang juga mewakili Dapil Minsel – Mitra, menyorot kinerja Dinas Lingkungan Hidup Daerah yang dinilai kurangnya melakukan pengawasan melekat terhadap dampak lingkungan dari kegiatan pertambangan emas milik PT Sumber Energi Jaya (SEJ) yang beroperasi di Kabupaten Minsel.

Ir Marly Gumalag MSi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Sulut saat ditemui diruang kerjanya Senin ( 30/7/2018) mengatakan, DLHD Sulut sudah turun lapangan dan tidak mendapati adanya dampak lingkungan seperti yang beredar selama ini.

Bahkan dirinya mempersilahkan Arfan Basuki Kabid Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup pada Dinas LHD Sulut, untuk menjelaskan terkait hasil yang didapati dilapangan.

“Dari hasil turun lapangan, airnya sudah jernih, tidak ada seperti yang dipaparkan difoto itu, bahwa semua menyaksikan airnya jernih, tidak ada pencemaran seperti itu dan ada hal – hal kecil yang barangkali salurannya perlu diperbaiki,”jelas Basuki.

Namun dalam hal ini Arfan Basuki belum bisa memastikan, hasil uji laboratorium atas material yang dijadikan sampel untuk diuji tersebut.

Dia beralasan, hasilnya uji laboratorium atas sampel material belum turun.

Dan ini bertolak belakang dengan pernyataan Arfan Basuki sebelumnya yang mengatakan, Dinas LHD Sulut sudah mengantongi hasil uji laboratorium.

Dari penjelasan terkait laporan turun lapangan, terkesan Dinas LHD Sulut tidak transparan dalam mengungkap fakta dampak lingkungan kegiatan pertambangan PT SEJ.

Disisi lain perwakilan PT SEJ sampai berita ini diturunkan, enggan dihubungi untuk dimintai konfirmasi.(JoTam)

About JoTam

Check Also

Bupati FDW Hadiri Pertandingan Partai Final Piala TP-PKK Minsel

Minahasa Selatan, Sulutlink.com – Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH bersama Wakil Bupati Minahasa …