web analytics

DPRD Provinsi Sulut Sorot Kegiatan Pertambangan Emas Milik PT SEJ

Manado, Sulutlink.com – Pengelolaan pertambangan mas milik PT Sumber Energi Jaya (SEJ) yang berlokasi di desa Picuan, Picuan Satu, Tokin,T okin Baru, Karimbow dan Karimbow Talikuran di Kecamatan Motoling Timur Kabupaten Minahasa Selatan, mendapat sorotan tajam dari anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara.

Eddyson Masengi Sekretaris Komisi III DPRD Sulut saat dimintai konfirmasi mengatakan, pihaknya mendapat laporan masyarakat terkait pembuangan limbah pertambangan emas PT SEJ dan hal ini telah diingatkan kepada eksekutif (Dinas ESDM Sulut) untuk harus ketat mengawasi setiap kegiatan pertambangan yang dilakukan perusahaan.

Menurutnya, kalau memang didapati pembuangan limbahnya tidak mentaati aturan, maka Ijin Usaha Pertambangan (IUP) PT SEJ bukan hanya ditinjau ulang tetapi terancam dicabut.

“Itu pertambangan SEJ harus diawasi ketat, karena yang harus disayangkan anak cucu kita. Apalagi mereka telah membuat terowongan diatas tanah milik warga,” ucap Masengi kritis.

Dijelaskannya, setiap kegiatan pertambangan yang dilakukan PT SEJ, harus memperhatikan dampak lingkungan dari pembuangan limbah.

Berbeda dengan Eddyson Masengi, anggota Komisi III dari daerah pemilihan (Dapil) Minsel – Mitra, Boy V.A. Tumiwa, terkesan lebih melunak menanggapi kondisi kegiatan pertambangan emas milik PT SEJ.

Menurut Boy V.A Tumiwa, pihaknya akan mencek bagaimana kondisi dilapangan dan harus disesuaikan dengan aturan yang ada.

“Kami akan mencek bagaimana itu keadaan, baru kami akan sesuaikan dengan aturan yang ada,”ujar politisi PDI Perjuangan.

Tumiwa sendiri berpendapat apabila ditemui kondisi merusak lingkungan  tidak perlu ada penutupan kegiatan pertambangan.(JoTam)

About JoTam

Check Also

Bupati FDW Hadiri Pertandingan Partai Final Piala TP-PKK Minsel

Minahasa Selatan, Sulutlink.com – Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH bersama Wakil Bupati Minahasa …