web analytics

Dummy Reversal

Manado, Sulutlink.com – Dalam kontrak warna, umumnya declarer akan berusaha mendapatkan trik tambahan dengan memanfaatkan trump terutama di warna trump yang lebih pendek. Teknik bermain “dummy reversal” berbeda, disini declarer akan memanfaatkan sebanyak-banyaknya trump ditangan yang panjang trump yang membuat akhirnya trump ditangan yang pendek menjadi trik tambahan. Teknik bermain ini jika kita berhasil memanfaatkannya akan terasa begitu indah, mari kita lihat.

T/Semua S J1093
H AJ873
D A
C AKQ
S 762 S 4
H 2 H KQ10965
D K107643 D J9
C 85 C J1094
S AKQ85
H 4
D Q52
C 7632

Barat Utara Timur Selatan
2H 2S
Pass 4NT Pass 5S
Pass 7H //

Setelah pembukaan Weak Two dari timur, selatan overcall 2S dan utara langsung bid 4NT Roman Keycard Blakwood dan ketika dijawab 5S atau pegang dua keycard dan trump Queen utara langsung bid grandslam. Barat tentu saja dengan senang hati lead singleton H2. Declarer setelah berpikir cukup lama akhirnya melepaskan peluang untuk ruff diamond di dummy dengan harapan club terbagi rata 3-3. Declarer memilih menerapkan teknik bermain dummy reversal. Ia ambil HA, ruff H3 dengan S8 dimana barat buang C5. Selanjutnya ia main CQ ruff H7 dengan SQ dimana barat buang diamond. Trik berikut declarer ke dummy dengan DA, ruff H8 dengan SK, ke dummy dengan S5 diambil dengan S9 kemudian ruff HJ dengan SA dan selanjutnya ruff D5 dengan H5 kemudian cabut trump dan kontrak sudah bikin. Cara main seperti ini ada bahayanya, kalau lawan bisa ruff saat declarer main club atau diamond tapi rasanya peluangnya lebih besar disbanding berharap club terbagi 3-3. Yang menarik dari papan ini, seandainya barat memilih lead trump maka kontrak tidak bisa diselamatkan karena salah satu entry vital telah dimainkan terlebih dahulu.

Papan berikut ini lebih menarik lagi.

S/TB S A
H J10986
D AKQ43
C A10
S KJ86 S 9743
H H 754
D J9652 D 108
C K973 C QJ85
S Q1052
H AKQ432
D 7
C 642

Barat Utara Timur Selatan
1H
Pass 4NT Pass 5S
Pass 7H //

Penawaran disini kelihatannya bagus, tapi kalau kita cerna lebih mendalam akan terlihat kekurangannya. Apa itu? Disinilah yang penulis ingatkan berulangkali, betapa peliknya penawaran dalam permainan bridge. Disini, utara langsung menggunakan Roman Keycard Blackwood (RKCB) dan dengan senang hati bid grand slam. Tapi, coba anda perhatikan kekurangannya, misalnya utara hanya butuh Ace (bukan keycard) bagaimana dia akan bid?. Ada beberapa pemain yang menggunakan 4NT sebagai Blackwood bukan Roman Keycard Blackwood. Jika ingin menggunakan RKCB maka harus melakukan forcing bid kemudian menunjukan fit dan slam interst dan bid 4NT selanjutnya adalah RKCB. Cukup rumit memang tapi kalau ingin mempunyai hasil yang lebih tentu saja harus ada usaha untuk memperbaiki sistim yang kita gunakan.

Declarer menerima lead D5 yang langsung diambil dengan DA dan lead trump ke A. Kalau diamond terbagi 4-3 dan trump terbagi 2-1 maka cara main declarer seperti ini akan berhasil. Pengalaman menunjukan betapa banyak declarer yang akan bermain seperti ini. Terburu-buru pada trik pertama yang akan disadari setelah kontrak tidak bisa diselamatkan.
Coba lihat diagram, cara main declarer diatas berakibat fatal karena kontrak tidak bisa diselamatkan lagi. Kenapa, karena sekarang declarer kekurangan entry untuk ruff spade tiga kali di dummy. Coba, kalau declarer main SA baru lead trump ke A, ruff S5 dilanjutkan ruff D3 kemudian ruff S10 dan kembali ruff D4 dan terakhir ruff SQ sehingga tercipta posisi ini :
S/TB S
H J
D KQ
C A10
S S
H H 75
D J9 D
C K97 C QJ8
S
H KQ
D
C 642

Oleh : Bert Toar Polii

About Redaksi 2

Check Also

Fransiscus Silangen: Masuk Penyerang dalam Tim DPRD Sulut, Lawan JIPS-FORWARD ‘Friendly Game’

Turnamen Football Cup U -12 Persembahkan ‘Friendly Game’ Anggota DPRD Sulut Vs JIPS-Forward Sulutlink.com – …