web analytics

Disdukcapil Kota Manado Belum Memiliki Akses KIA

images(10)Sulutlink,  Manado.   Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Manado hingga saat ini belum diberi akses masuk ke program Kartu Identitas Anak (KIA)  oleh Dirjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Manado Julises Ohlers membenarkan pihaknya hingga saat ini belum mengeluarkan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk warga Kota Manado dengan alasan belum terpenuhinya standart Quota dari Dirjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri.

Secara terpisah,  I. F.  Sumampouw Sekretaris Disdukcapil Kota Manado mejelaskan bawha :  “Setiap anak mulai Usia Balita hingga 18 Tahun wajib memiliki Kartu Identitas Anak, namun di Kota Manado belum laksanakan terkendala aturan Quota dari pemerintah Pusat.”

Dijelsakan Sumampouw,  Quota yang dimaksud adalah jumlah anak yang terdata dalam Daftar  Kartu Keluarga ( KK ) secara manual harus dimasukkan kembali ke dalam sistem On line kependudukan yang ada di Pusat.

Hingga periode awal Jumi 2017 baru 67 %  data yang berhasil di input ke sistem on line kependudukan di Pusat, dan diharapkan bulam Juli depan telah capai 100 % dilaporkan ke sistem KIA Pusat, sehingga proses pencetakan KIA boleh dilakukan.

Selama Quota laporan data On line belum terpenuhi maka sistem pencetakan KIA belum akan dibuka Paswordnya oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri.

Kendala yang lain menurut Sumampouw, dimana masih banyak anak-anak di Kota Manado belum memiliki Akte Kelahiran demi sehingga sangat menyulitkan dalam pendataan, terkecuali dilakukan semacam pendataan anak secara langsung dari rumah-kerumah. Anak -anak yang memiliki  Akte Kelahiran baru berkisar 85 dari jumlah anak di Manado. (jansen)

About Redaksi 2

Check Also

Beberapa Daerah Di Sulawesi Utara Masuk PPKM Level 2

Sulutlink – Sebelas kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara sudah masuk ke dalam wilayah …