web analytics

FABIAN KALOH: PANSUS AKAN KONSULTASI KE KEMENTERIAN ESDM GUNA MENYAMAKAN PERSEPSI TENTANG RANPERDA RUED SULUT

Manado.sulutlink.com – Hari ini Jumat 18/11/2022, Panitia khusus (Pansus) Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Sulawesi Utara (Sulut) gelar rapat perdana bersama stakeholder mulai tahapan pembahasan bersama dengan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Fransiscus Maindoka, Kabid Energi Charles Taju dan Biro Hukum Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Ketua Pansus Fabian Kaloh S.IP M.Si usai rapat pansus mengatakan kepada media sulutlink.com, setelah kemarin (Kamis 17/11), sebagaimana usul fraksi-fraksi di DPRD Sulut usai melaksanakan pemilihan pansus Ranperda RUED saya dipercayakan sebagai Ketua Pansus oleh Ketua DPRD Fransiskus Andi Silangen. Sebagai Wakil Ketua Careig Runtu, dan Sekretaris Pansus Hi Amir Liputo, serta didukung Anggota lainnya.” kata Kaloh.

Kemarin itu juga kita langsung rapat internal guna membahas agenda persiapan tentang Ranperda RUED, Referensi yang akan kita jadikan acuan hingga kemudian tahapan-tahapan selanjutnya,” tuturnya.

“Hari ini (Jumat) kita rapat perdana mulai pembahasan dengan Stakeholder dalam hal ini Dinas ESDM, dan Biro Hukum hadir lengkap, kita diskusi terkait materi perda, bahkan tim pansus bisa membahas tentang BAB dan Pasal demi pasal terdiri dari 10 pasal, kan hanya 10 pasal dan yang banyak hanya lampirannya,” ungkap Kaloh.

Lanjut Kaloh, usai pembahasan pasal demi pasal hari ini, kemudian pekan depan ada tahapan-tahapan yang akan dilakukan dan dijadwalkan mulai hari Rabu Pansus akan konsultasi ke Kementerian ESDM di Direktorat Jenderal Energi Baru dan Terbarukan, selanjutnya ke Badan Energi Nasional untuk konsultasi dan menyamakan persepsi tentang Perda ini,” tuturnya.

Minggu berikutnya sambil jalan Pansus akan meminta tanggapan fraksi-fraksi, dan nanti akan ada pendapat fraksi. Dalam waktu dekat Pansus RUED Sulut akan layangkan surat ke fraksi-fraksi untuk memberikan tanggapan terhadap rencana tentang ranperda ini.” imbuh FK.

“Kalau itu selesai, kemudian kita tinggal memfasilitasi untuk meminta fasilitas kementerian dalam negeri, semoga bisa berjalan baik dan tuntas,” pungkasnya.

Hadir fisik pada pembahasan Ranperda RUED Anggota Pansus lainnya Ayub Ali, Braien Waworuntu, serta hadir secara virtual anggota Artur Kotambunan dan Tonny Supit. Admin: Karel SL.

About DeProS Red

Check Also

BUPATI FDW DAN WABUP PYR HADIRI SOFT OPENING GEDUNG REKTORAT UKIT DAN PEMBUKAAN SMST GMIM KE-35

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH bersama Wabup Pdt. Petra Yani Rembang,menghadiri Soft Opening …

Leave a Reply