web analytics

Fenomena Hoax, Jokowi : Semakin mendewasakan Bangsa Indonesia & harus Diluruskan

#HARI PERS NASIONAL

Pidato Presiden Jokowi dalam Peringatan Hari Pers Nasional 2017 di Ambon, kamis 2/9/2017  (FOTO : Antara/Embong Salampessy)

Sulutlink.com – Ambon, Fenomena maraknya berita hoax (berita tipuan) menjadi perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) di peringatan Hari Pers Nasional 2017, hal ini diungkapkan dalam pidatonya di Lapangan Polda Maluku, Kota Ambon, Maluku, Kamis (9/2/2017).

Jokowi meyakini maraknya hoax akan semakin mendewasakan bangsa Indonesia, untuk itu dirasa tidak perlu mengeluh saat berita tipuan itu tampil di media sosial (Medsos).

“Saya mempunyai keyakinan bahwa ini (hoax.red) nantinya justru akan semakin mendewasakan kita, akan semakin mematangkan kita, akan menjadikan kita tahan uji. Jadi kita nggak perlu mengeluh kalau mendengar hal yang ada di Medsos karena ini fenomena semua negara,” katanya.

Untuk itu, Jokowi meminta semua pihak, khususnya media arus utama (mainstream) harus bisa meluruskan pemberitaan yang ‘bengkok’ dan menghentikan berita hoax tersebut.

“Stop berita bohong, hoax, berita yang memecah belah, berita-berita fitnah, harus kita hadapi dan dalam kondisi demikian seharusnya media arus utama harus mampu meluruskan hal-hal yang bengkok, menjernihkan kekeliruan di media sosial dan tidak lantas ikut larut dan malah memungut isu-isu yang belum terverifikasi di medsos sebagai bahan berita,” kata Jokowi.

Presiden menjelaskan verifikasi menjamin profesionalitas dan perlindungan terhadap wartawan dan masyarakat bisa mengetahui media mana yang bisa dijadikan rujukan, serta media mana yang bisa dipercaya dalam pemberitaan.

” Dalam peringatan Hari Pers Nasional di Kota Ambon ini, kiranya dapat memperteguh komitmen bersama membangun Indonesia yang harmoni dan mewujudkan ekonomi yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia dan Selamat Hari Pers Nasional,” tutup Jokowi. (bjl/berbagai sumber)

About Redaksi 2

Check Also

USBF Terapkan Kombinasi Online & F2F di Seleksi Pembentukan Tim USA 2023

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – United States Bridge Federation (USBF) telah memulai seleksi …