web analytics

FGD Digelar untuk Menjawab Tantangan Pariwisata Sulut

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa Agustivo Tumundo SE, Msi, sebagai salah satu pemateri sedang menpresentasikan agenda pariwisata ” Visit pesona Minahasa 2017 ” (ft.IST)

 

Sulutlink.com – Jakarta, Pemerintah Sulawesi Utara bersama kabupaten/Kota yang ada, sedang gencar-gencarnya menggalakan sektor pariwisata di daerah ini. Untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi di sektor tersebut, digelar Focus Grup Discussion (FGD) dengan tema ‘ Tantangan dan pengembangan Pariwisata Sulawesi Utara, di Kampus AMI ASMI Pulomas Jakarta, Rabu (25/1/2017).

FGD ini diadakan oleh Duta Wisata Sulut (DWS) kerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sulut dan Badan Penghubung Pemprov Sulut serta Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) tersebut membahas tentang tantangan dan pengembangan pariwisata, bagaimana meningkatkan kualitas destinasi, promosi, dan SDM pariwisata.

Narasumber yang hadir untuk menyampaikan materi di antaranya :  Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar dan Bisnis Kementerian Pariwisata RI Tazbir, Tim Ahli Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Kemenpar RI Danan, Wali Kota Manado GSV Lumentut, Kepala Disbudpar Minahasa Agustivo Tumundo, Kadis Pariwisata Talaud Ronald Izack.

Sebagai pihak penanggap, yaitu : Ketua KKK  Jakarta Angelica Tengker, Ketua DWS Belanda Debby Mailoor, Ketua DWS Perwakilan Eropa Christine Rungkat, Hospitality Profesional Consultant Marthen Sumual dan Moderator Ketua DWS Jakarta Yerry Tawalujan.

Mewakili Kementerian Pariwisata RI  Tazbir mengatakan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam beberapa kesempatan menegaskan bahwa pariwisata sekarang harus menjadi penyumbang PDB, devisa, dan lapangan kerja yang paling mudah dan murah.

“Tantangan pengembangan pariwisata di Sulut di antaranya percepatan pembangunan infrastruktur, produk wisata yang berkualitas, iven promosi, sapta pesona dan promosi serta branding destinasi,” jelas dia.

Tazbir menuntun agar semua tantangan ini haruslah ditangani secara bersama oleh pemerintah dan masyarakat di Sulawesi Utara termasuk Kabupaten/Kota didalmnya. (bjl/bsmb)

About Redaksi 2

Check Also

Cindy Wurangian: Komisi II Minta OJK Jatuhkan Sanksi Hasjrat Multi Finance dan Oto Multi Artha

  Manado, Sulutlink.com – Usaha Perusahaan yang mengelolah Bidang Jasa Keuangan di Sulawesi Utara mendapat …