web analytics

FGD Mendapatkan Masukan/Usul Terhadap Penyusunan Ranperda Usul Prakarsa DPRD Tentang Pengendalian Sampah Plastik

Melky Jakhin Pangemanan Wakil Ketua Bapemperda DPRD Provinsi Sulawesi Utara

Manado, Sulutlink.com – Bapemperda DPRD Sulut kembali gelar FGD membahas Ranperda Pengendalian Sampah Plastik, dipimpin Ketua Winsulangi Salindeho didampingi Wakil Ketua. Usai kegiatan FGD, dimintai tanggapan apa-apa saja hasil yang dibahas, Melky Jakhin Pangemanan mengatakan telah mengundang pihak-pihak yang konsen terhadap isu-isu lingkungan dalam hal ini KPA Likupang, Bank Sampah guna memberikan masukan-masukan dan usul terkait dengan substantif-substantif ranperda yang sesungguhnya, drafnya, naskah akademiknya dalam upaya kita menyempurnakan dan menerima usul yang tentunya ada muatan-muatan yang positif, tutur Melky.

fotoist.Tim Pembahas Ranperda Pengendalian Sampah Plastik bersama Bapemperda DPRD Sulut (sulutlink.com)

Hal tersebut dalam rangka kita mengatur, memanag pengelolaan sampah yang menjadi kewenangan dari pemerintah kabupaten dan kota. Tetapi pemerintah provinsi sulut memiliki kewenangan untuk mengkoordinasikan dan mengawasi ini, jelas Melky.

Lanjut MJP, oleh karena itu fgd yang digelar Bapemperda, juga mengundang pihak-pihak yang pemerhati lingkungan tapi juga perangkat daerah terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, PU, dan nantinya kita akan lebih memaksimalkan pembahasan ini yang nantinya akan masuk pada tahap pengusulan kepada pimpinan dan nantinya akan di paripurnakan secara internal kemudian akan masuk pada tahapan pembahasan ranperda. Tetapi mengawali itu dengan asas keterbukaan dalam menyusun produk hukum daerah, sehingga tidak ada kesan pembahasan ranperda ini tertutup atau sembunyi sembunyi,” tandas Melky.

Politisi dari Partai PSI Melky Pangemanan berharap,  “setiap tahapan pembahasan ranperda pengendalian sampah plastik,  publik bisa mengakses ini, bahkan pihak yang berkompeten yang membidangi isu-isu lingkungan ini kami mengundang untuk memberikan masukan, sehingga masyarakat juga bisa berpartisipasi aktif dalam pembentukan peraturan daerah ini,” pungkas Anggota Komisi IV DPRD Sulut yang menangani Bidang Kesejahteraan Rakyat, MJP. (karel)





About DeProS Red

Check Also

Wagub Steven O E Kandouw Lantik Pejabat Fungsional di Aula Mapalus

Manado, Sulutlink.com – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O E Kandouw melantik Pejabat Fungsional Tertentu …