web analytics

Forum Pimpinan DPRD Se Sulut, FAS: Dipercayakan Sebagai Pimpinan Perlu Terus Mengupgrade Pola Pikir

 

Manado, Forum Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali digelar. Kegiatan ini dilaksanakan disalah satu hotel ternama yang berada di Kota Manado, Senin (27/6/2022).

Fransiscus Silangen mengatakan, DPRD Sulut tahun ini sudah ysng kedua kalinya kegiatan yang sama dilaksanakan.

“Untuk tahun ini kegiatan sudah yang kedua kalinya kita laksanakan Forum Pimpinan DPRD se Sulawesi Utara, dan temanya hari ini adalah “Peningkatan Kapasitas Kita Bersama,” katanya.

Kita sebagai dewan perwakilan rakyat daerah sesuai amanat undang-undang adalah unsur penyelenggara pemerintahan daerah, berdasarkan UU nomor 23 tahun 2014.

“Jadi kalau tidak ada unsur pemerintahan daerah tidak bisa jalan, dan menjadi bagian unsur daerah itu adalah kita, kalau di Provinsi gubernur dan wakil gubernur, di daerah bupati/wali kota dan wakil bupati/wali kota, serta DPRD provinsi dan kabupaten/kota”

“Kita punya peran sentral, tapi yang menjadi pedoman adalah kita. Perencanaan suatu daerah itu perlu sepengetahuan kita DPRD, Kita punya peran untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi yang kita dapatkan untuk diperjuangkan dalam pokok pikiran. Sehingga semua kebijakan publik itu harus berdasarkan hasil kajian, dan pada waktu kita melakukan pengkajian maka pembangunan itu akan ada,” jelasnya.

Sebagai unsur, lembaga penyelenggara pemerintahan tentunya mempunyai peran, yaitu didalam merencanakan anggaran, menyetujui anggaran dan mengawasi anggaran yang telah disetujui.” tuturnya.

“Saya kira kita yang dipercayakan bertugas sebagai pimpinan DPRD perlu terus mengupgrade pola pikir. Apalagi saya merenungkan saya yang berlatar belakang dokter ahli bedah, tidak paham sama skali dengan hal-hal seperti ini, sehingga tidak ada waktu untuk bersantai”

“Saya belajar dan belajar terus, karena ini kesempatan sesuai dengan undang- undang, mari sama-sama mengupgrade diri kita, dengan satu tujuan supaya tugas-tugas kita lebih optimal, untuk kesejahteraan masyarakat. Mari kita betul-betul menyimak apa yang akan disampaikan pemateri pada hari ini,” pungkasnya. **(Karel).

About DeProS Red

Check Also

DPP PARTAI DEMOKRAT TUNJUK DR. DIDIK MUKRIANTO PLT KETUA DPD PD PROV KEPRI, GANTIKAN ASNAH MUNDUR DARI JABATANNYA

  JAKARTA, sulutlink.com – Menindak lanjuti pengunduran diri Ketua DPD PD Provinsi Kepri Asnah, DPP …