web analytics

FOTO MANADO-MINAHASA TEMPO DOELOE


Oleh : Bert Toar Polii
Sungguh beruntung ada yang peduli dengan foto-foto tempo doeloe dari Manado dan Minahasa sehingga kita bisa mengetahui tentang kondisi pada waktu dulu dari berbagai dokumentasi foto yang tercantum dibawah ini.
Adalah Joice Tineke Piri seorang pengusaha dan seniman batu permata yang punya hobby mengumpulkan batu permata dari seluruh Indonesia dan dunia dan juga barang-barang antik kuno, lukisan dan lithography. Sebagai seniman batu permata, Ia juga membuat lukisan dari batu permata. Salah satu lukisan batu permata yang ia buat dijadikan Presiden Jokowi untuk raja Arab King Salman.
Joice terlahir dari Papa Felix Wilhantow Piri asli dari Sonder dan Mama Emma Rumagit asli Tincep.
Joice sekarang bermukim di Belanda dan menjadi salah satu penyelenggara dari festival tahunan bertema Indonesia, Tong Tong Fair (TTF). Acara berumur 61 tahun ini jadi kesempatan mempromosikan pariwisata Indonesia.
Sebelumnya Joice dan kakak perempuannya Eveliyene adalah penyanyi yang cukup terkenal dulu Piri bersaudara yang sempat membuat piringan hitam tahun 1995.
Dulu di zaman Bung Karno pernah ikut main film dengan nama Tine Damayanti Piri . Ia main di film Mat Dower dan Apa Yang Kau Cari Palupi.

Foto-foto ini kemudian diserahkan kepada Beiby Luana Sumanti pimpinan Sanggar Bapontar untuk ditempatkan di Sanggar Bapontar agar bisa dilihat oleh lebih banyak orang.
Oleh Beiby kemudian juga diserahkan kepada Museum Tondano yang dimiliki Lexie Kalonta.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Meidy Tinangon Jadi Nara Sumber Pada Rapat Fasilitasi dan Pembinaan Penguatan Ideologi dan Wawasan Kebangsaan

  ” Demokrasi dan Wawasan Kebangsaan: Pemilu 2024 sebagai Sarana Integrasi Bangsa” Januari 27.2023.admin.karel tangka …