web analytics

Fransiscus Silangen Pimpin Rapat Paripurna DPRD Sulut, Penutupan Masa Persidangan Ketiga Tahun 2021

 

Manado, sulutlink.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr. Fransiscus A. Silangen SpB KBD didampingi Wakil Ketua dewan Victor Mailangkay dan Wakil Ketua Billy Lombok serta Anggota dewan lainnya telah melaksanakan kegiatan Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian Laporan Kinerja Alat Kelengkapan DPRD KOTAdan Penyampaian Laporan Pelaksanaan Reses III Tahun 2021 sekaligus Pembukaan Masa Persidangan II Tahun 2022 bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sulut, pada hari Selasa (4/1/2022) siang.

Pantauan media, kegiatan Paripurna dihadiri Wakil Gubernur Drs. Steven O.E Kandouw, Pj. Sekertaris Provinsi Sulut Drs. Asiano Gemmy Kawatu, Sekertaris DPRD Glady N.L Kawatu, SH M.Si, serta sejumlah perangkat daerah Para Kepala Biro, Kadis, Kaban dan Jajaran, Satker, Stakeholder, Tokoh Masyarakat, dan sejumlah wartawan media cetak, online dan elektronik.

Dalam rangkaian kegiatan paripurna tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ketat.

dr. Fransiscus Silangen mengungkapkan rasa syukur atas pelaksanaan kegiatan paripurna DPRD Provinsi Sulut, dihadapan forum rapat, kiranya dengan semangat baru, kita mampu melanjutkan karya bakti kita bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara.

” DPRD berkomitmen, kiranya senantiasa mengedepankan kepentingan masyarakat dan dapat terus ditingkatkan di tahun 2022,” ucap Silangen saat membuka sidang paripurna.

Pada kesempatan rapat paripurna tersebut berturut-turut disampaikan laporan hasil kinerja komisi-komisi sepanjang tahun 2021, diawali Anggota DPRD Mohamand Wongso menyampaikan laporan kinerja komisi I, Laporan Kinerja Komisi 2 diserahkan oleh Anggota Dewan Kristo Ivan Lumentut, Laporan kinerja Komisi 3 diserahkan oleh Anggota Berty Kapojos, Laporan Komisi 4 diserahkan oleh Anggota Braien Woworuntu.

Dilanjutkan laporan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) terhadap hasil kinerja Bapemperda diserahkan oleh anggota dewan Melky Jakhin Pangemanan, Laporan hasil kinerja Badan Kehormatan diserahkan oleh Anggota dewan Ingrid JNN Sondakh.

Ketua dewan, berikut mempersilahkan laporan hasil pelaksanaan reses ke tiga tahun 2021 dapat disampaikan oleh masing-masing Daerah Pemilihan; Dapil 1 Kota Manado diserahkan oleh Anggota DPRD Amir Liputo yang menyampaikan 4 catatan hasil reses antara lain, rencana pembangunan jalan lingkar kota manado utara dan selatan dapat diselesaikan, penanganan banjir, perbaikan infrastruktur utama, pembangunan sekolah SMA, SMK di Utara kota manado, pengaruh dampak covid-19 yang menyebabkan angka kemiskinan meningkat .

Dapil 2 Minut, Kota Bitung diserahkan oleh Anggota DPRD Berty Kapojos yang berharap pemerintah dapat mengalokasikan anggaran uang duduk, bagi masyarakat yang hadir di agenda reses.

Laporan reses dapil 3 Kabupaten Sangihe, Talaud dan Sitaro, diserahkan oleh Anggota Dewan Sherly Tjanggulung, terkait rencana pembangunan jalan perbaikan infrastruktur lainnya.

Laporan reses Dapil 4 Bolmong Raya oleh Anggota dewan Mohamad Wongso dengan titik berat pada kepentingan masyarakat yang mengharapkan agar pemprov Sulut dapat mengalokasikan anggaran di APBD untuk pengembangan sektor Pertanian, Pariwisata, Pendidikan dan Kependudukan.

Laporan hasil reses Dapil 5 Minsel – Mitra diserahkan oleh Anggota dewan Boy Tumiwa, kemudian Laporan reses Dapil 6 Minahasa – Kota Tomohon diserahkan oleh Anggota Dewan Novita Rewah yang berharap pemprov dapat menindak lanjuti catatan hasil reses, dan mengapresiasi atas kepemimpinan OD-SK.

Wakil Gubernur Sulut drs. Steven Kandouw memberi apresiasi atas capaian kinerja komisi- komisi di DPRD. Menurut Wagub, pemerintah dalam menetapkan posisi – posisi pejabat SKPD untuk pelaksanaan program dan kebijakan OD-SK memperhatikan salah satu pertimbangan berdasarkan masukan yang disampaikan oleh legislatif. Hal ini tidak lain respon teman- teman di DPRD yang menjadi barometer point utama dan untuk dijadikan parameter menetapkan pejabat SKPD dilingkup Pemprov Sulut,” singkat Steven Kandouw.

dr. Fransiscus A. Silangen mengapresiasi dan menutup seluruh kegiatan paripurna yang telah berjalan baik, serta ikut menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemprov Sulut khususnya dan jajaran telah bersinergitas bersama DPRD Sulut telah mempertanggung jawabkan program kegiatan sepanjang tahun 2021 dan berharap dapat berlanjut ditahun 2022,” pungkasnya. edit: Karel. Adm SL.

About DeProS Red

Check Also

USBF Terapkan Kombinasi Online & F2F di Seleksi Pembentukan Tim USA 2023

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – United States Bridge Federation (USBF) telah memulai seleksi …