web analytics

FSPL: Para Wisatawan Bisa Terlibat Langsung

pesona-p-lembehFestival Pesona Selat Lembeh (FSPL) yang akan berlangsung empat hari, 6-10 Oktober 2016. Kegiatan berkelas internasional ini menyiapkan berbagai lomba bagi para pengunjung.

“Di momen FSPL nanti akan banyak lomba yang digelar, di antaranya lomba tangkap bebek, renang Selat Lembeh, adu kecepatan perahu dan tarik tambang di atas perahu,” ujar Erwin Kontu, Kepala Bagian Humas Setda Kota Bitung, Selasa (05/10).

Semua lomba tersebut, lanjut Kontu, bisa melibatkan para wisatawan, baik dalam maupun dari luar negeri. Panitia pelaksana akan memperhatikan keperluan-keperluan untuk perlombaan tersebut, termasuk keamanannya.

“Panitia siapkan tim juri dan lebih khusus keamanan peserta lomba yang akan dikoordinasikan dengan pihak yang berkompeten seperti Satkamla TNI AL, Dit Polair Polda Sulut dan Marinir Bitung. Para wisatawan asing tidak mungkin hanya hadir untuk menonton kegiatan saja,” kata dia.

Lomba lainnya yang akan digelar adalah Pesona Kuliner, Panggung Pesona Budaya, Colorful Bitung Run 10K, Underwater Coral Plantation, Karnaval Perahu Hias, Warna-warni Pesona Bitung dan Pesta Rakyat.

Acara ini juga untuk mendukung program Pesona Indonesia, yaitu mendatangkan 12 juta wisatawan mancanegara dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara.

Lokasi FPSL 2016 di Selat Lembeh, yakni perairan yang memisahkan daratan utama Pulau Sulawesi dengan Pulau Lembeh dan Pelabuhan Perikanan Samudera Aertembaga Bitung.

Even yang bertemakan Colorful Bitung ini bertujuan mempromosikan Bitung sebagai Kota Destinasi Wisata, International Hub Port (IHP), dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Melalui FSPL kita perkenalkan Kota Bitung yang memiliki potensi strategis sebagai kawasan industri dan perdagangan, kota pelabuhan internasional, kota perikanan, kota pariwisata dunia dan kota konservasi alam. Selain itu, merealisasikan slogan Bitung Bahari Berseri dengan lima pesona, bahari, flora, fauna, industri dan budaya religi.” ujar Kontu.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

KPU Sulut Bertandang ke Bawaslu Sulut, Perkuat Semangat Membangun Harmoni dan Sinergitas Hadapi Tahapan Pemilu Tahun 2024

  Manado, Sulutlink.com – KPU Sulut kunjungan kerja dalam rangka untuk memperkuat semangat hubungan antar …