web analytics

Gempa di Donggala Dan Tsunami Palu Rusak Sejumlah Fasilitas Publik

Manado,Sulutlink.com – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Giofisika (BMKG) Prof Dwikorita Karnawati dalam pernyataan resmi meralat kekuatan gempa magnitudo dari 7, 7 SR menjadi 7, 4 SR, yang telah menghantam Kabupaten Donggala dan memicu terjadinya tsunami setinggi 1,5 meter di pantai Talise Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah.

Presiden Jokowi secara resmi menyampaikan duka cita yang dalam atas kejadian gempa dan tsunami yang menimpa masyarakat di wilayah Kabupaten Donggala, Kota Palu dan sekitarnya.

Jokowi juga meminta masyarakat tetap tenang dan waspada serta telah menugaskan Menkopolhukam Wiranto untuk menangani kondisi pasca bencana gempa dan Tsunami tersebut.

Pemerintah di bawah koordinasi Menkopolhukam Wiranto, langsung bertindak cepat dengan melakukan rapat darurat bersama kementrian dan lembaga terkait, membahas langkah – langkah penanganan gempa di Donggala dan Palu.

Bahkan pihak TNI AL telah mengerahkan 2 pesawat Hecules C – 130 dan mengirimkan 7 Satuan Setingkat Kompi (SSK) yang berisikan pasukan dari Batalyon Kesehatan, Batalyon Zeni Tempur, Batalyon Infanteri dan Batalyon Zeni Kontruksi ke lokasi gempa dan Tsunami di Sulteng.

Disisi lain, Badan SAR Nasional (Basarnas) telah mengerahkan 30 orang personil dan Tim Reaksi Cepat BNPB juga telah terjun ke lokasi memakai helikopter.

Dikabarkan sejumlah fasilitas umum seperti jalan, jembatan, masjid, rumah penduduk, fasilitas komunikasi, fasilitas kesehatan dan jaringan listrik serta fasilitas lainnya telah mengalami kerusakan parah.(JoTam)

 

 

 

About JoTam

Check Also

Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut Sosialisasi Perda Provinsi Sulut Tahun 2022

“Agenda sosialisasi perda dari tanggal 23-27 September 2022” Sangihe, Sulutlink.com – dr. Fransiscus Andi Silangen, …