web analytics

Gempa Magnitudo 5,6 SR Guncang Sulut Warga Berhamburan Keluar Rumah

BMKG _ Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

Manado,Sulutlink.com – Warga Sulawesi Utara yang bermukim di wilayah Kota Manado, Kabupaten Minut, Kota Bitung, dan Minsel, Sabtu (13/10/2018) pukul 12: 34 : 16 Wita dikagetkan dengan adanya guncangan Gempa Magnitudo berkekuatan 5,6 SR.

Berdasarkan analisis dari Badan Meteorologi Klimatologi Giofisika (BMKG) Stasiun Manado menjelaskan bahwa Gempa Magnitudo berkekuatan 5,6 SR, terjadi dengan koordinat episenter pada 1,36 LU dan 125,46 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 km arah Tenggara Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara pada kedalaman 97 km dan tidak berpotensi Tsunami.

Selvi Kumolontang warga Kota Manado saat dimintai konfirmasi mengatakan, merasa cemas dengan kejadian gempa yang mengguncang Kota Manado dan dirinya selalu untuk bersikap tidak panik serta berupaya mencari informasi – informasi BMKG.

Gempa dirasakan di wilayah Bitung dan Tondano pada skala III MMI, Manado pada skala II dan Airmadidi pada skala II – III dan wilayah Minut pada skala II.

Sementara itu Hery Dumais warga Perum Risky Kelurahan Girian Indah lingkungan III Kecamatan Girian saat dimintai konfirmasi lewat telepon selular mengatakan, dirinya bersama keluarga saat terjadi gempa langsung berlarian keluar rumah.

“Warga di sini sangat kaget dan panik, kami semua langsung berlarian keluar rumah, takut terjadi apa – apa,”ujar jurnalis senior Kota Bitung.

Disi lain Kepala Pasar Tumpaan Yori Lintong saat dihubungi via telepon selular mengatakan, gempa sangat terasa di Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan dan membuat panik sejumlah pedagang yang ada di pasar.

Ditambahkannya, dirinya berupaya untuk menenangkan para pedagang dan menghimbau agar tidak panik serta selalu waspada.(JoTam)

About JoTam

Check Also

Cindy Wurangian: Komisi II Minta OJK Jatuhkan Sanksi Hasjrat Multi Finance dan Oto Multi Artha

  Manado, Sulutlink.com – Usaha Perusahaan yang mengelolah Bidang Jasa Keuangan di Sulawesi Utara mendapat …