web analytics

Gempa Magnitudo 7,7 SR Guncang Donggala dan Palu Picu Tsunami

Manado,Sulutlink.com – Masyarakat di Kabupaten Donggala dan Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah dikejutkan dengan goncangan gempa bermagnitudo 7,7 SR yang terjadi pulul 18.02 wita Jumat (29/9/2018) dan telah memicu Tsunami.

Saat terjadi gempa, warga yang panik segera melarikan diri berhamburan keluar rumah dan 5 menit kemudian diikuti peringatan dini bahaya terjadinya tsunami.

Selang tak lama kemudian, dipantai Talise Palu Provinsi Sulawesi Tengah, terjadi tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang dan menghancurkan bangunan masjid dan sejumlah rumah warga, jaringan komunikasi rusak serta padamnya jaringan listrik.

Berdasarkan informasi dari Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Giofisika (BMKG) Prof. Dwikorita Karnawati menyebutkan, terkait dengan gempa bumi tektonik yang telah terjadi di Kabupaten Donggala pada jarak 26 kilometer utara Kabupaten Donggala dengan kekuatan magnitudo 7,7.

“Berdasarkan hasil pemodelan tsunami gempa bumi tersebut menimbulkan tsunami dengan level siaga, yaitu ketinggian lebih dari setengah meter hingga lebih dari tiga meter,”ujar Karnawati.

Sementara itu tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus mendata jumlah korban yang berdampak gempa dan tsunami di Sulteng.

Berdasarkan data sementara dilaporkan 5 orang hilang di kawasan pantai Talise dan 1 orang meninggal dunia karena tertimpa bangunan dan 10 orang lainnya mengalami luka – luka di wilayah Donggala Sulteng.

Walaupun status tsunami dan bencana telah dicabut, namun BMKG terus mengingatkan warga agar meningkatkan kewaspadaan. (JoTam)

About JoTam

Check Also

KETUA BANGGAR DPRD SULUT INGATKAN DIRUT RSUD OD-SK “KETERBUKAAN”

Manado, sulutlink.com – Ketua Banggar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dr …