web analytics

Gerak Cepat Pemkab Mitra Bangun Rumah Korban Banjir

Minahasa Tenggara, Sulutlink.com – Pasca bencana banjir bandang yang menerpa Desa Pangu Raya dan Desa Wioi Raya Kecamatan Ratahan Timur (Ratim) pada Senin pekan lalu yang memakan korban jiwa serta beberapa rumah hanyut terbawa derasnya air serta puluhan rumah rusak, hari ini mulai dikerjakan.

Pekerjaan beberapa rumah yang hanyut akibat banjir bandang tersebut menggunakan anggaran pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) lewat pergesaran anggaran tahun 2021.

Hal ini dikatakan Bupati Mitra James Sumendap SH MH kepada sejumlah awak media disela sela peletakan batu pertama pembangunan rumah bagi warga desa Pangu Satu yang rumahnya hanyut terbawa banjir bandang Minggu lalu.

Menurut Sumendap bahwa kejadian besar seperti ini ada bantuan pemerintah pusat lewat Kementrian PUPR dan Kementrian Sosial, namun itu butuh proses lama sedangkan proses pembangunan butuh cepat.

Dikatakan Sumendap bahwa untuk menanggulangi bencana tersebut, APBD Kabupaten Mitra masih mampu untuk mengatasinya.

”Lewat standard bantuan PUPR dan dananya kami ambil dari dana APBD pergeseran tahun 2021,” ujar Sumendap.

Ditambahkan sang gladiator bahwa mulai hari ini pembangunan rumah bagi warga yang yang hanyut sudah mulai dilaksanakan.

”Hari ini kami mulai menangani pembangunan rumah bagi bagi masyarakat yang korban banjir bandang di desa Pangu Raya tentunya sesuai dengan standard PUPR dan juga kami memberikan bantuan kepada rumah yang terdampak,” pungkas Sumendap. (Rusli.m)

About Redaksi 2

Check Also

Syenny Kalangi, Terima kasih kepada Ketua DPRD, DPD Partai Gerindra Gelar ibadah Paskah di ruang Paripurna DPRD Sulut

April 15.2023. admin karel tangka Sulutlink.com – DPD Partai Gerindra Sulawesi Utara (Sulut), Gelar lomba …