web analytics

Guntur : “Bolehkah Memukul Anak?”  

Kolongan, Sulutlink.com – “Ada Ibu-ibu yang bertanya Bolehkan memukul anak? atau Berapa sering orang tua (Ibu) menggunakan Rotan? Rotan kadang-kadang perlu.”, ini pernyataan Pdt. Guntur Wewengkang, “Memukul anak boleh jadi diperlukan, bilamana cara lain gagal. Namun jika dapat dihindarkan, anak-anak dapat dibujuk. Upayakan hanya sekali saja melakukan hal itu, dengan maksud untuk memperbaiki anak” kata Wewengkang, sembari mengingatkan pernyataan Firman bahwa “Rotan dan Pengajaran mendatangkan Akal Budi, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya”.

 

Hal ini diutarakan Gembala Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Jemaat Kolongan Kalawat, Minahasa Utara, Sulawesi Utara serta GMAHK Jemaat Suwaan itu, pada Sabat (Sabtu, 9/3) kemarin, di acara penutupan ‘Pekan Doa Keluarga’ di GMAHK Jemaat Kolongan. Hari ini, (Minggu, 10/3) siang dilanjutkan dengan Ibadah Bakti Wanita Advent (BWA) GMAHK Jemaat Kolongan di Aerterang Manado.

 

Hamba Tuhan itu, mengulas pembahasan berjudul ‘Ibu yang Baik’, dengan mengutip tulisan dalam buku Membina Anak yang Bertanggung Jawab, 265:5 yang menulis “Memukul anak boleh jadi diperlukan bilamana cara yang lain gagal, namun demikian jika masih dapat dihindarkan janganlah ia menggunakan rotan itu. Tetapi jikalau cara yang lebih halus ternyata tidak cukup, maka hukuman yang akan menuntun anak itu kepada pengertian haruslah dilaksanakan dalam kasih. Sering cara memperbaiki seperti itu cukup satu kali untuk seumur hidup, untuk menunjukkan kepada anak itu bahwa bukan ia yang memegang tali kendali”. Dijelaskan bahwa seorang Ibu yang Baik dalam upaya mendisiplin anak atau memperbaiki kesalahan anak harus lebih dulu menggunakan pertimbangan dan doa, jika harus menggunakan rotan sejatinya itu adalah cara yang terakhir, kemudian bila memutuskan tindakan itu jangan disertai kemarahan tapi kasih.

 

Wewengkang yang juga seorang piatu karena ibunya telah meninggal, memotivasi umat untuk para ibu membawa anak kepada Tuhan. “Bilamana Ibu memimpinan anak kepada Kristus, dengan segala kesusahannya pasti akan mendapatkan rahmat. Pintu gerbang kasih Allah akan terbuka jika setiap ibu meletakkan bebannya di kaki Juruselamat seperti yang tertulis di buku Ministry of Healing Halaman 41. Terus berdoa di samping anak yang sedang tertidur”, beber hamba Tuhan yang rendah hati itu. Pemuda Advent Kolongan dan Duet Saha-BAT Kasih juga, melayani melalui Lagu-Lagu Rohani pada acara itu.

About netzen Redaksi

Check Also

Rektor Universitas Klabat Berkunjung Ke Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi

Sulutlink – Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XVI, Prof. Dr. Ir. Mahludin H. …