web analytics

HADIRI GELAR PANGAN MURAH, PYR : “MARIJO BA TAMAN”

Minahasa Selatan,Sulutlink.com Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra yani Rembang menghadiri Gelar Pangan Murah , yang dilaksanakan di Desa Matani
Jumat, (02/122022)

Pelaksanaan Pangan Murah juga dirangkaikan dengan Penyerahan Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (Cppd) Bagi Masyarakat yang terkena dampak Bencana

Kegiatan “gelar Pangan Murah” tersebut  dalam rangka mewujudkan stabilisasi pasokan dan harga Pangan serta pengendalian Inflasi Di Daerah. Kegiatan Ini merupakan langkah pemerintah sesuai Instruksi Presiden dalam Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2022 yang bertujuan untuk mengatasi dan mengurangi dampak Inflasi serta menjadi bagian dari upaya stabilisasi pasokan dan harga Pangan yang  berdampak pada aktivitas perekonomian Daerah.

Jumlah Penduduk menjadi salah satu Faktor berjalannya aktivitas Perekonomian yang baik, Namun di sisi lain, Banyaknya jumlah Penduduk dapat memberikan beban jangka menengah maupun jangka Panjang bila dikaitkan dengan kebutuhan Konsumsi pangan.

Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS), Pada Tahun 2021 penduduk di kabupaten Minahasa Selatan berjumlah 238 Ribu 746 Jiwa, mengalami peningkatan dari Tahun 2020 yang berjumlah 236 Ribu 463 Jiwa. Peningkatan jumlah Penduduk ini tentu akan mempengaruhi Jumlah kebutuhan Pangan di Kabupaten Minahasa Selatan. Berbagai program Pemerintah Daerah Yang dilaksanakan pada Tahun 2022 Ini, antara lain telah dicanangkan Tahun 2022 sebagai tahun ”Marijo Batanam” Dalam upaya pemulihan dan peningkatan Ekonomi di Kabupaten Minahasa Selatan akibat Pandemi Covid-19 dan berbagai bencana yang terjadi.

Lewat pencanangan ”Marijo Batanam” Diharapkan dapat menjadi momentum dalam peningkatan hasil Produksi Komoditi bahan pangan sebagai upaya pemulihan Ekonomi dan menjaga capaian Inflasi Tahun 2022 agar tetap terkendali.

Kegiatan Ini juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan aecara Simbolis kepada korban bencana A Alam yang terjadi beberapa waktu lalu. Penyerahan bantuan ini merupakan representasi atau Program Pemerintah melalui dinas ketahanan pangan Kabupaten Minahasa Selatan yang dijabarkan dalam Program cadangan pangan Pemerintah Daerah (CPPD) Untuk menyediakan pangan terhadap penanganan bencana, Kerawanan pangan, kondisi darurat serta menjaga stabilisasi harga pangan Daerah.

Dalam sambutannnya wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt. Petra Yani Rembang menyampaikan bahwa selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Selatan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah provinsi sulawesi utara dalam hal ini dinas pangan provinsi daerah sulawesi utara melaksanakan tugas di pasar mencari tahu tentang fluktuasi harga bahan pangan yang ada di pasar akibat inflasi ini yang biasa  terjadi  ketika menjelang perayaan hari hari besar seperti nataru.

Daerah kita ini adalah merupakan daerah yang sangat diberkati oleh Tuhan, harus terus berupaya mempengaruhi masyarakat untuk memanfaatkan kondisi alam berkat Tuhan bagi kita dengan menanam berbagai jenis bahan makanan, tapi juga kita bukan hanya menjadi produsen dari bahan makanan. Kita juga harus jadi konsumen, Program ini merupakan program strategis yaitu bazaar pangan murah atau operasi pasar Ini merupakan langkah  dari pemerintah daerah sesuai dengan instruksi presiden dalam rangka pengendalian inflasi  yang bertujuan untuk mengatasi dan mengurangi dampak inflasi serta menjadi bagian dalam upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan yang berdampak pada aktivitas perekonomian daerah.

(Brandon Sulutlink)

About Redaksi 2

Check Also

Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara Salurkan Bantuan Bencana Banjir Bandang Di Kota Manado

Mitra – sulit link. Com Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) salurkan bantuan bencana di Kota …