web analytics

Hati-Hati Melakukan Double Yang Mubazir

Oleh : Bert Toar Polii

Sulutlink.com – DALAM sebuah pertarungan pada invitasi Alex Fransz Memorial Trophy yang diikuti 22 pasangan dari Balikpapan, Pontianak, Manado, Semarang, Bandung, dan Jakarta beberapa tahun yang lalu, Bambang Hartono dari Djarum Bridge Club unjuk kemampuan menampilkan permainan terbaiknya.

Kendati demikian, dalam invitasi berhadiah total Rp29 juta ini, pasangan Amiruddin Jusuf/Noldy George (CBC Jakarta) menyabet posisi pertama, Runner up di tempati Anthony Soebroto/Kamto (Djarum Semarang), dan berikutnya Alfa Irinanda/Paul Silalahi (PMC Jakarta).

Ajang ini digelar sebagai penghormatan terhadap almarhum Alex Fransz, mantan pemain nasional dan anggota PB GABSI, yang banyak berjasa untuk dunia bridge. Salah satu karyanya ialah menerbitkan buku sistem Medium Club Relay yang ditulis bersama Ron Klinger seorang pakar bridge dari Australia.

Dalam invitasi ini dimainkan 21 sesi dimana semua pasangan akan berhadapan. Salah satu papan menarik diperlihatkan pasangan Bambang Hartono/Bert Toar Polii, lewat memperagakan penawaran yang indah.

30. S K 8 6 4
S 9 8 2
D —
C A Q 9 5 3 2
S Q 10 S J 3 2
H 6 4 H 10 7 3
D A Q J 9 3 D K 8 7 5
C K J 6 4 C 10 8 7
S A 9 7 5
H A K Q J 5
D 10 6 4 2
C —

Barat Utara Timur Selatan
B Hartono BT Polii
Pass 1H
2D 3C Pass 3S
Pass 4D Dbl? Pass
Pass Rdbl Pass 4H
Pass 4S Pass 6S
All

Papan ini menjadi menarik karena pasangan Utara-Selatan memanfaatkan secara jitu gangguan dari lawan untuk mendapatkan kontrak terbaik. Overcall dari Barat dimanfaatkan Utara untuk memberitahukan pegang kontrol di Diamond. Ketika Timur melakukan double yang mubazir, pemain Selatan dengan cerdik pass untuk menunggu informasi lanjutan dari Utara.

Redouble dari Utara berarti pegang first round control yang membuat Selatan dengan optimis cue-bid di Heart untuk mencari informasi lainnya. Setelah Utara sign off 4S. maka Selatan dengan tenang bid 6S. Menerima Lead DA, declarer ruff, ke tangan dengan Heart, Ruff Diamond, cabut SK ke tangan lagi dengan Heart untuk ruff Diamond dilanjutkan CA untuk discard Diamond terakhir, ruff Club dan main SA selanjutnya main Heart dan tinggal kalah 1 trump. Kontrak 6S akan gugur kalau lawan lead Heart. Tapi tentu saja ini sulit dilakukan barat karena declarer buka 1H.

About Redaksi 2

Check Also

Mario Mambu/Cliff Tangkuman dari Raewaya Sulut Perkasa di Seleknas AG 2022

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – Mario Mambu/Cliff Tangkuman dari Raewaya Sulut Perkasa di …