web analytics

Haven Van Manado Semakin Seksi Bagi Pengunjung

IMG_20170726_174308Sulutlink,  Manado.  Haven Van Manado 1817  sangat jelas terbaca dan ditulis  dengan indahnya di pintu masuk kompleks Pelabuhan bersejarah di Kota Manado.

Dari tulisannya saja “Haven Van Manado 1817 ” mengingatkan terbayang dalam pemikiran kita tentang zaman kemasyuran negeri kita tanah Toar Lumimuut termasuk didalamnya Kota Manado saat itu.

Betapa tidak, tanda – tanda bahwa tanah Minahasa sangat kaya akan hasil bumi dan termasyur hingga diseluruh Dunia dibuktikan dengan keberadaan Haven Van Manado sejak Tahun 1817.

Haven Van Manado  adalah bahasa Belanda yang dalam arti bahasa Indonesia adalah Pelabuhan Manado atau orang doeloe menyebutnya Bendar sebagai pusat perdagangan saat itu walau kebanyakan dalam bentuk Barter.

Salah satu bukti sejarah lainnya dapat dilihat dan dibaca jelas disalah satu bangunan, tepat disisi kanan pintu masuk,  ada bangunan tua yang telah dipugar kembali dan dicat warna warni sebagai tempat penyimpanan barang dagangan, yang dioperasikan oleh PT. INTRA,  PT. Pelayaran Iruan Barat,  PT  Intra Shipping, dan PT. Intraveem dizaman itu. IMG_20170726_231840

Saat ini Pelabuhan Manado selain melayani arus orang dan barang antara Manado dan Pulau di Nusa Utara juga melayani hingga ke Propinsi Maluku Utara secara rutin.  Bahkan Pelabuhan Manado telah menjadi salah satu tujuan wisata sebagai pelabuhan bersejarah. (jansen)

About Redaksi 2

Check Also

Mewakili Gubernur Sulut, Sekdaprov Kawatu Hadiri Penyerahan Dokumen Kepegawaian Lulusan IPDN Angkatan XXVII dan XXVIII

Manado, Sulutlink.com – Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sekdaprov Sulut) Asiano Gemmy Kawatu menghadiri kegiatan …