web analytics

Henry Walukouw, Ingatkan Terkait Pembinaan Disiplin ASN di Provinsi Sulut

Henry Walukouw, SE saat sampaikan pertanyaan kepada Kepala BKD Sulut, Clay Dondokambey di RDP Komisi I DPRD Sulut

Manado, Sulutlink.com – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Bidang Pemerintahan dan Hukum menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) perdana dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulut, Senin 16/01/2022.

Pantauan media, RDP tersebut telah membahas terkait pelaksanaan Pembinaan Disiplin / Pemberian Penghargaan dan Sanksi (Reward and Punisment) kepada Aparat Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Provinsi Sulut.

Henry Walukouw SE, dari Fraksi Partai Demokrat, tertuju pada soal pembinaan disiplin ASN, sehingga mempertanyakan keterkaitannya dengan Pemberian Penghargaan dan Sanksi (reward and punisment) dilingkup Pemprov Sulut.

Masyarakat tentu ingin tahu sejauh mana kajian-kajian tentang aturan atau kebijakan yang berlaku di BKD Provinsi Sulut, apakah itu terkait aturan kehadiran yang dilanggar oleh ASN, dan disisi lain apabila ada ASN yang berprestasi apakah ada Penghargaan dan, atau ASN yang melakukan pelanggaran.

“Apakah ada ASN yang menerima Penghargaan dan atau sanksi selama tahun 2021, upaya apa yang dilakukan oleh BKD terhadap ASN yang melakukan pelanggaran,” itu yang ditanyakan Walukouw.

Berikut ini jawaban Kepala BKD Provinsi Sulut, Clay Dondokambey menjelaskan terkait Penghargaan dan Sanksi terhadap ASN.

“Untuk PENGHARGAAN, dimana setiap tahun BKD melaksanakan Seleksi kepada ASN teladan, untuk kemudian di berikan kesempatan mendapatkan beasiswa dan atau tugas belajar, ASN teladan berhak mendapat promosi untuk kenaikan pangkat. Sedangkan bagi ASN yang melalukan pelanggaran dikenakan SANKSI, mulai ringan hingga pemecatan,” rinci yang akrap disapa Clay.

Menurut data tahun 2021, Clay menyebut, seperti kemarin ada 24 ASN yang dikenakan sanksi, akibat malas datang kantor,” ungkap Clay.

Dengan memperhatikan arahan Bapak Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, Pemerintah Provinsi Sulut, terkait peningkatan kualitas ASN soal penerapan Disiplin ASN melalui Kepala BKD Provinsi Sulut, Clay Dondokambey memastikan terus dimaksimalkan.

Edit: karel.adm-2 SL.

About DeProS Red

Check Also

Mario Mambu/Cliff Tangkuman dari Raewaya Sulut Perkasa di Seleknas AG 2022

Oleh : Bert Toar Polii Sulutlink.com – Mario Mambu/Cliff Tangkuman dari Raewaya Sulut Perkasa di …