web analytics

Henry Walukouw Reses III Tahun 2021 Terungkap Terkait Ganti Rugi Pembebasan Lahan Belum Tuntas

 

Minut, Sulutlink. com – Reses Ketiga Tahun 2021 Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara Henry Walukouw, SE Daerah Pemilihan (Dapil) Minahasa Utara dan Kota Bitung, menyerap aspirasi masyarakat desa Mapanget di Kecamatan Talawaan pada Rabu (24/11/2021).

Ditengah menggelar masa reses di Balai Desa Mapanget, Minut, Henry Walukouw mendapat sejumlah laporan berupa keluhan terkait ganti rugi pembebasan tanah warga yang sementara membangun jalan pariwisata Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) belum terbayar oleh pihak pemerintah.

“Keluhan masyarakat, menurut politisi partai Demokrat, hampir semua pembebasan tanah di Desa Mapanget yang terkena proyek jalan ternyata belum tuntas, belum ada penyelesaian padahal KEK katanya merupakan program prioritas,” ujar Walukouw.

Lanjut dikatakannya masyarakat mengeluhkan adanya ketidak adilan dalam hal pembayaran ganti rugi. Kalau tanah masyarakat di Desa Talawaan Kecamatan Kolongan yang terkena proyek KEK justru sudah dibayarkan, sementara yang lain belum ada realisasi sama sekali. Padahal Desa Mapanget adalah titik nol pembangunan jalan KEK tapi belum menunjukkan tanda penyelesaian. Tentu ni PR bagi kami untuk meneruskan kepada Pemerintah Provinsi (pemprov) melalui bapak Gubernur Olly dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. Dan jangan sampai persoalan ganti rugi, justru menghambat progres pembangunan super prioritas ini,” tandas Walukouw.

Berbagai aspirasi selain terkait pembebasan lahan, juga dipertanyakan warga terkait pembangunan drainase, kemudian rehabilitasi trotoar bagi pejalan kaki sudah sangat mendesak, warga kuatir karena seringkali terjadi kecelakaan. Walukouw pun memperhatikan aspirasi warga khusus sektor pertanian yang merupakan usaha warga dalam menopang peningkatan pendapatan masyarakat. Realisasi bantuan pemerintah masih sangat minim terlebih khusus ketersediaan pupuk, pembagian bibit dan peralatan khusus di bidang pertanian sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat di Desa Mapanget belum terealisasi, bahkan harapan masyarakat ini sudah beberapa kali disampaikan guna mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Sebagai anggota representatif masyarakat Minut dan Bitung, tentu semua aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada kami anggota DPRD Sulut akan terus mengawal baik melalui program pemerintah kabupaten maupun provinsi sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dapat terwujud. (Karel).

About DeProS Red

Check Also

Polres Minut Pulangkan 3 Korban Perdagangan Orang dari Saumlaki (Maluku Tenggara Barat)

Manado, Sulutlink.com – Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Mulyatno didampingi Kabid Humas Kombes Pol Jules …

Leave a Reply