web analytics

Humas Tomohon : Waspada Curah Hujan Tinggi

Mencermati cuaca saat ini yang memiliki curah hujan yang tinggi pada setiap harinya tentu berdampak pada aktivitas dan kerja seluruh komponen terkait dalam masyarakat. Mengutip perkiraan cuaca yang disampaikan BMKG untuk cuaca Kota Tomohon dan sekitarnya pada hari ini dan esok yakni hujan ringan dengan suhu udara 18-28 derajat celsius dengan kecepatan angin 15 km per jam.

Oleh karena itu Pemerintah Kota Tomohon selalu menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan beraktivitas sehari-hari agar selalu waspada dan terus berhati-hati ketika akan melaksanakan kegiatan baik dengan bepergian menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat serta memperhatikan wilayah yang di lewati seperti daerah rawan longsor dan rawan terjadi pohon tumbang untuk mencegah terjadinya bencana yang mungkin saja terjadi seperti yang disampaikan Kabag Humas Protokol Setda Kota Tomohon FF Lantang SSTP melalui Kasubag Humas Djufry Rorong S Sos.

Selanjutnya diingatkan kepada masyarakat yang mendiami lokasi-lokasi yang rawan longsor maupun rawan banjir agar tetap waspada dan terus memikirkan cara terbaik untuk mencari dan menempati daerah yang aman dari bencana yang kapan saja dapat terjadi. Tentu masyarakat diingatkan jangan mempertaruhkan nyawa dan harta benda dengan terus mendiami lokasi tempat tinggal yang rawan bencana itu.

Oleh karena itu masyarakat diharapkan untuk mengerti dan peduli akan keselamatan individu dan keluarga masing-masing serta menjamin keamanan harta benda yang ada. Dengan melakukan tindakan yang bijaksana untuk berpindah dan menempati wilayah yang aman dan nyaman untuk ditempati. Saat curah hujan yang tinggi hal ini dapat memicu terjadinya bencana tanah longsor dan banjir.

Ketika terjadi bencana alam agar secepatnya menginformasikan kepada pihak-ihak terkait untuk penanganan dan penanggulangannya. Sehingga meminimalisir korban dan dampak lain yang di akibatkan dari kejadian ini. Lebih baik mencegah daripada mengobati atau menyesal kemudian tidak ada gunanya lagi. Semoga kita selalu dijauhkan dan terhindar dari bencana alam dan kerugian-kerugian dari akibatnya.

Mengantisipasi terjadinya bencana yang mungkin saja terjadi tentu kita semua harus tetap waspada dan terus memperhatikan kelestarian lingkungan kita, dengan tidak menebang pohon sembarangan, tidak membuang sampah di saluran air dan lahan-lahan yang kosong tetapi membuang sampah pada tempat yang telah ada dan disediakan pemerintah.

Dimusim penghujan ini pemerintah juga menghimbau kepada masyarakat Kota Tomohon agar giat melakukan penanaman baik di kebun maupun di sekitar pekarangan rumah, karena pada musim hujan tentu tanaman-tanaman yang kita usahakan dapat bertumbuh dengan mudah seiring dengan asupan air yang cukup.

Djufry Rorong

About Echel

Check Also

Galatia Karamoy Banjir Dukungan Di Ajang Grand Final Putri Kebudayaan Indonesia

Sulutlink – Galatia Karamoy asal Minahasa menjadi perwakilan sulut di ajang Putri Kebudayaan Indonesia, yang …