web analytics

Hutapea : TKA Selama Masa Konstruksi Harus Disikapi Dengan Bijak

IMG_20170420_100305Sulutlink, Manado. Tamba D. Hutapea Deputy Chairman For Investmen Planing Badan Koordinasi Penanaman Modal Nasional (BKPM ) berharap agar Pemerintah Daerah harus sikapi dengan bijak kehadiran investor yang telah ada yang menggunakan Tenaga Kerja asing selama masa konstruksi.

Harapan ini disampaikan sejumlah media usai membuka Workshop Rencana Umum Penanaman Modal di Swesbel Hotel (20/4) yang meliputi Sulawesi, Maluku dab Papua.

Kata Hutapea, selama masa konstruksi oleh investor biasanya menggunakan tenaga kerja trampil sesuai bidang masing-masing yang didatangkan dari negara asal investor tersebut dan menguasai teknologi yang digunakan, jadi hal wajar kalau ada TKA yang bekerja dalam proses konstruksi.

Maka dari itu Workshop RUPM ini penting bagi Propinsi dan Kabupaten /Kota agar memasukkan rencana penanaman modal yang mencakup 6 aspek ; Tenaga kerja trampil, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tata ruang, Fasilitas du daerah, Fasilitas Pemda dan Investor sesuai manat UU Prbanaman Modal.

Diharapkan setelah Investor selesai dalam pembangunan konstruksinya selanjutnya melakukan penyerapan Tenaga Kerja lokal dalam proses perawatan dan produksi selanjutnya.

Dalam Workshop RUPM ini Ir. Happy T.R Korah selaku Kepala BPM & PTSP Propinsi Sulawesi Utara menyampaikan perkembangan dan capaian Invstasi yang masuk di Sulawesi Utara  ada 18 jenis usaha Total  Rp.  10 T kurun 5 Tahun terakhir  s/d  Tahun 2016.

Menyangkut TKA, Korah sangat sependapat jika selama masa konstruksi saja digunakan, namun setelah masa itu selesai harus merekrut tenaga kerja lokal.

Dan apabila investasi terkait bangunan menjadi kewenangan Kab./Kota, selanjutnya jika Investasi tersebut masuk sektor pertambangan harus izinnya di Propinsi, kemudian jika ada kaitan dengan PMA maka menjadi kewenangan Pusat, tutup Joy sapaan akrabny.(jansen)

 

 

About Redaksi 2

Check Also

Apel Akbar Panji Yosua, James Sumendap SH. MH Sampaikan Olly Dondokambey Sebagai Kaisar Panji Yosua

Mitra – sulutlink.com – Apel Raya Panji Yosua – Panglima Panji Yosua Pria Kaum Bapa …