web analytics

Indonesia ke 8 Besar, Mencari K&J Perlu Seni Tersendiri

Oleh : Bert Toar Polii

Pertandingan di Liupanshui menghadirkan dua papan menarik yang mempertontonkan seni mencari K&J.

Indonesia Senior Team ikut serta pada 4th Liupanshui International Invitation Bridge Tournament yang diselenggarakan untuk memeriahkan Summer Festival di kota ini. Atau seperti turnamen bridge di Manado dan Tomohon yang dikaitkan dengan Manado Fiesta dan Tomohon International Flower Festival.

Indonesia lolos ke babak 16 besar setelah memainkan 13 session sistim Swiss yang diikuti 60 tim termasuk tim Internasional dari Eropa dan Korea serta tuan rumah. Di babak 8 besar, salah seorang pemain gagal menempatkan secara tepat K&J heart yang menjadi trump. Dengan kombinasi H AQ9xxx H10 dimana sebelah kiri lead S8 yang sepertinya singleton dan sempat overcall 2C.

Declarer memainkan HA dilanjutkan H kecil mengharap HK doubleton dan salah. Kemarin penulis juga mengalami ketika main 4S. Dengan kombinasi AQ986xx dan void dimana ketika memainkan H untuk discard loser D lawan kanan trump 7 dan saya overuff S8. Selanjutnya main SA dan sebelah kiri jatuh 10. Tidak ada informasi sehingga penulis yg harus menempatkan apakah K10 atau J10. Kalau menentukan J10 maka pada trik berikut harus main SQ. Penulis beruntung menempatkan dengan tepat dan main Sx dan benar sebelah kiri jatuh K. Ini keberuntungan karena tidak ada teori untuk itu.

Berbeda di papan sebelumnya dimana ada info bahwa HK ada disebelah kiri dan karena lead singleton ada kemungkinan HKxx. Jadi main HA lanjutkan HQ adalah pilihan yang tepat. Tim Senior Indonesia lolos ke babak 8 besar dan sedang unggul 54-0 Imp dari lawannya di babak 8 besar. Masih tersisa 1 session utk babak 8 besar. Jika tidak terjadi keajaiban pada session 2 babak 8 besar yang hanya memainkan 8 papan maka Indonesia akan lolos ke semi final.

About Redaksi Sulutlink

Check Also

Tiga Tahun Kepemimpinan James Sumendap – Jocke Legi Terus Bawa Perubahan dan Prestasi

Minahasa Tenggara. Sulutlink – Tiga Tahun Kepemimpinan James Sumendap – Jocke Legi (JS-Oke) di Kabupaten …